Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ingin Berkarier di Dunia Teknologi? Ini Tips dari Tokopedia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tokopedia Academy bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan Tokopedia NextGen. Ini adalah rogram inkubasi bagi para pelajar Indonesia untuk lebih memahami dunia digital guna mencapai pemerataan pengetahuan melalui teknologi.

Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan SDM/Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi menyampaikan, dukungan terhadap pengenalan industri teknologi sejak dini tentunya akan melahirkan generasi yang tangguh menghadapi persaingan di era digital.

“Kami mendukung kegiatan ini guna mempercepat transformasi digital tanah air,” kata Dedy, pekan lalu.

Tokopedia melalui para ahli membagikan tips berkareir di dunia teknologi khususnya di bidang pengembangan dan desain produk.

  • Pelajari keterampilan dasar. “Sebagai seorang desainer produk, salah satu keterampilan terpenting adalah memahami kebutuhan pengguna. “Bisa menempatkan diri pada posisi pengguna menjadi penting saat kita membangun produk yang ditujukan untuk mereka,” ungkap Product Design Lead Tokopedia, Adze Ganesha.
  • Perluas pengetahuan. Perbanyak membaca. Misalnya, belajar tentang ilmu perilaku, atau industri dan produk yang menarik bagi kita. “Karena inovasi seringkali datang ketika kita bisa mengombinasikan keahlian dan pengetahuan yang dimiliki,” papar Senior UX Researcher Tokopedia, Michael Kendro.
  • Lihai berkolaborasi. Saat mengembangkan sebuah produk, ada banyak pihak yang akan terlibat. Adze menyebutkan, perlu punya keterampilan berkolaborasi. Bagaimana kita dapat bekerja sama serta membuat keputusan yang saling menguntungkan dan menghasilkan produk yang menjawab kebutuhan konsumen.
  • Kemampuan berkomunikasi, Sebagai manajer produk, desainer produk maupun periset, kemampuan berkomunikasi menjadi keahlian yang harus dimiliki. Keterampilan berkomunikasi sesuai dengan target audiens sangat penting agar kita bisa menyampaikan ide.
  • Gabung komunitas dan ikut pelatihan, Agar dapat memahami konteks dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja serta pengaplikasian pelajar dapat mengasah keterampilan. Melalui beragam kegiatan seperti kursus, magang, kompetisi, lokakarya, bergabung dengan komunitas dan ikut pelatihan seperti Tokopedia Academy. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER