Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Buka Akses UMKM Indonesia Tembus Pasar Jepang, Ini Langkah BNI

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI melalui cabang Tokyo memboyong sejumlah produk food & beverages usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan berpartisipasi di Paviliun Indonesia dalam ajang  Food Expo (FOODEX) 2022. Diselenggarakan pada tanggal 8-11 Maret 2022 di Makuhari Messe,Tokyo.

BNI Tokyo berperan menjadi jembatan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan dunia. Termasuk di dalamnya adalah mendukung para pelaku UMKM yang akan mengembangkan bisnisnya ke luar negeri.

Paviliun Indonesia hasil kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo melalui Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center Osaka, Bank Indonesia Tokyo dan BNI Tokyo. 

Kolaborasi tersebut langkah mendorong peningkatan ekspor non-migas Indonesia. Khususnya produk makanan minuman di pasar Jepang.

FOODEX 2022 merupakan ajang pameran Food & Beverages terbesar di Jepang, bahkan salah satu yang terbesar di Asia. Diikuti lebih dari 10.000 buyers yang berasal lebih dari 30 negara.  

“Selain membuka akses pasar dan mendekatkan para potential buyer di Jepang terhadap produk-produk UMKM Indonesia. Ajang ini diharapkan menjalin kesepakatan bisnis UMKM Indonesia dengan para buyer di Jepang”, ujar Direktur Treasury dan Internasional BNI, Henry Panjaitan, pekan lalu. 

Produk-produk dalam FOODEX 2022 antara lain kopi, teh, coklat, ikan kaleng, fruit chips, olahan kelapa, gula, serta sambal. 

Sebagai satu-satunya bank komersial asal Indonesia di Jepang, BNI Tokyo berkomitmen mendukung kegiatan ekspor produk-produk Indonesia untuk menegaskan eksistensi Indonesia di pasar Jepang. 

Selain menampilkan produk-produk UMKM Indonesia, BNI Tokyo juga menyediakan fasilitas live virtual business matching. Ini mengakomodir kebutuhan para potential buyer akan informasi lebih rinci produk-produk UMKM Indonesia yang dipromosikan di FOODEX 2022. 

Staf BNI Tokyo yang menguasai bahasa Jepang telah disiapkan untuk memfasilitasi live virtual business matching

“Bahasa bukan lagi menjadi kendala bagi para potential buyer yang ingin berkomunikasi langsung dengan UMKM di Indonesia,” tutur Dyah Paramita Novia Putri, Pelaksana Tugas General Manager BNI Tokyo pada acara pembukaan FOODEX 2022. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER