Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung Potensi Kearifan Lokal Wisata Daerah, OYO Bantu Digitalisasi Desa Wisata

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pemerintah tengah fokus mengembangkan potensi Desa Wisata di berbagai wilayah Indonesia. Dengan mempromosikan keunikan dan kearifan lokal setempat.

Salah satu yang berperan penting dalam mempercepat pengembangan wisata lokal tersebut adalah melalui digitalisasi. Terlebih kebiasaan wisatawan di era pandemi semakin dekat dengan teknologi.

OYO, perusahaan hospitality berbasis teknologi, menginisiasi kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pemerintah daerah setempat. Yakni mendukung percepatan dalam pengembangan Desa Wisata melalui digitalisasi.

Berbekal kemampuan teknologi OYO, kolaborasi yang dinamakan program Maju Bersama Desa Wisata ini diharapkan mampu mengoptimalkan potensi Desa Wisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya digitalisasi dalam mendorong Desa Wisata Maju.

“Melalui standarisasi layanan berbasis CHSE yang OYO miliki dan fitur-fitur teknologinya, memberikan preferensi kenyamanan tersendiri bagi wisatawan dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan cepat,” kata Sandy Uno, sapaan Sandiaga, belum lama ini.

Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Hotels and Homes Indonesia mengatakan, digitalisasi semakin mengambil peran dominan dalam masa pemulihan saat ini. “Kami optimistis kolaborasi ini mampu mempercepat pengembangan Desa Wisata yang memiliki konsep pariwisata unik,” kata Agus.

Setidaknya, terdapat 2 teknologi unggulan OYO yang akan diintegrasikan di Desa Wisata. Yaitu

OYO OS sebagai sistem manajemen hotel. Seperti pemesanan, laporan pendapatan/tren, dan fitur live chat. Sistem ini akan sangat membantu Patron atau mitra Desa Wisata dalam mengelola penginapannya dengan lebih efisien.

Co-OYO aplikasi yang memudahkan [atron OYO untuk mengelola performa bisnis.

Guna memperluas jangkauan pasar, OYO juga telah menggandeng beberapa Online Travel Agent (OTA) yang bekerjasama di jaringan OYO untuk turut membantu memasarkan kamar penginapan yang berada di Desa Wisata. OYO juga akan menstandardisasi fasilitas dan layanan di Desa Wisata. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER