Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kelangkaan Logistik dan Kontainer, Ini Langkah Bank BNI

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI terus memperkuat global capabilities melalui ekspansi kemitraan dengan eksportir maupun importir berkelanjutan. Hal ini seiring terus membaiknya potensi pertumbuhan ekonomi dunia di tengah pandemi Covid-19 dunia yang mulai sangat terkendali.

Bank dengan mandat bank global Indonesia dari pemerintah ini proaktif mencari solusi dari isu-isu strategis dalam hal perdagangan internasional, khususnya kelangkaan kontainer. Guna ikut membangun optimisme positif pelaku usaha dalam negeri.


Direktur Treasury dan Internasional BNI, Henry Panjaitan menuturkan, kelangkaan kontainer dalam proses pengiriman barang ekspor menjadi permasalahan bagi dunia usaha saat ini, dan terjadi di berbagai negara. Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak kondisi tersebut. 

“Penyelenggaraan event BNI Regional Trade Talk Series merupakan rangkaian pre-event menjelang dihelatnya event BNI Global Trade Forum (GTF) 2022 yang akan diselenggarakan di tahun ini. Selain untuk skala regional, kami menyelenggarakan webinar berskala internasional yang kami namakan Diaspora Trade Talk Series. Dan pada Februari lalu telah dilaksanakan di Hong Kong,” ungkap Henry.

Adapun, acara Regional Trade Talk Series merupakan webinar yang diselenggarakan secara hybrid atau full online. Menghadirkan para narasumber dari asosiasi dan dinas setempat, sektor pendukung ekspor dan bea cukai di dalam negeri.

Event Regional Trade Talk Series maupun Diaspora Trade Talk Series akan diselenggarakan bergantian setiap bulan, dalam negeri dan luar negeri. Saat ini kota Semarang. Dan bulan depan rencananya akan kami selenggarakan di Tokyo.

Lanjut di kota-kota berikutnya yaitu Surabaya dan Medan. Sedangkan untuk skala internasional akan diselenggarakan di Amsterdam dan Sydney. 

BNI berharap, dapat menjadi mitra utama bagi para pihak di ekosistem ekspor – impor maupun regulator. Khususnya penyediaan solusi keuangan dan pembiayaan termasuk menjadi penghubung dalam business match making antara eksportir Indonesia khususnya UMKM dengan Diaspora Indonesia maupun potential business di overseas.
    

Adapun, dalam hal jaringan di luar negeri, BNI mampu memfasilitasi kebutuhan nasabah melalui jaringan 1.445 bank koresponden di seluruh dunia. Menyalurkan fasilitas pembiayaan diaspora melalui enam kantor cabang luar negeri. Dan memberi kemudahan pembukaan rekening diaspora Indonesia di Luar Negeri

Dalam hal jaringan di dalam negeri, perseroan memiliki trade advisory oleh sekitar 40 trade finance officer di seluruh Indonesia. Layanan Xpora di 7 Hub seperti Medan, Bandung, Jakarta, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makasar.

Serta international desk di Jepang, Korea, dan China yang siap untuk melayani kebutuhan perbankan foreign multinational company di Indoneisa sebagai entering gateway untuk masuknya  foreign direct invesment. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER