Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tingkatkan Kualitas Layanan, Alodokter Menghadirkan Dewan Penasihat Medis

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Layanan telehealth atau telemedicine semakin berkembang. Salah satu pemain segmen ini, Alodokter untuk terus mengembangkan layanan kesehatan unggulan yang terbaik di kelasnya pada platform kesehatan digital.

Alodokter menyadari, pengembangan layanan kesehatan bukan semata tentang inovasi teknologi. Juga arus memiliki manajemen, dukungan finansial, dan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas.

Namun legitimasi layanan unggulan seharusnya tidak disahihkan secara internal tetapi divalidasi oleh pakar industri di luar institusi yang bersifat netral. Untuk itu Alodokter resmi hadirkan jajaran pakar kesehatan Indonesia menjadi Clinical Governance Board (Dewan Penasihat Medis) Alodokter.

Dewan Penasihat Medis yang dipilih oleh Alodokter merupakan jajaran pakar kesehatan yang kredibel dan disegani di mata publik.

Fungsi dari Dewan Penasihat Medis Alodokter cukup vital. Memastikan Alodokter memberikan pelayanan yang terpercaya dan memenuhi standar medis.

Beberapa di antaranya adalah standar penyampaian informasi kesehatan kepada publik yang berbasis bukti dari organisasi profesi serta literatur, standar pelayanan medis, standar prosedur operasional, dan keamanan pasien di platform Alodokter.

Kegiatan Dewan Penasihat Medis termasuk melakukan pertemuan reguler setiap kuartal. Guna mengevaluasi dan membahas kinerja program serta fitur-fitur yang diluncurkan oleh Alodokter baik dari sisi medis dan pandangan kedokteran.

Ini bukan langkah yang sederhana. Mengingat begitu banyak masukan dan pengembangan yang bisa disampaikan oleh Dewan. Dan Alodokter harus mengambil keputusan atas masukan tersebut.

“Namun saya percaya langkah ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat. Terutama bagi standarisasi pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar pemerintah dan organisasi kedokteran,” ujar dr. Ferry Rahman, Perwakilan Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan salah satu dari Dewan Penasihat Medis Alodokter, pekan lalu.

Layanan kesehatan memprioritaskan kepentingan pasien di atas kepentingan bisnis. Dewan Penasihat Medis berfungsi untuk melihat potensi dan peluang yang ada dalam meningkatkan layanan kesehatan yang berpihak pada masyarakat luas.

“Saya sangat berharap bahwa kehadiran dan masukan Dewan Penasihat Medis dapat membawa Alodokter berkontribusi lebih luas dalam mengembangkan organisasi dan pelayanan untuk tetap mengutamakan mutu dan keselamatan pasien,” ujar Brigjen TNI Pur dr Alexander K Ginting, Kepala Subbid Dukungan Kesehatan Satgas Covid 19 Nasional dan anggota TDK RI, salah satu dari Dewan Penasihat Medis Alodokter.

Kultur medis sudah menjadi inti dari kultur layanan kesehatan di platform Alodokter. Tapi Alodokter harus siap menerima kritik dan masukan dari para pakar yang netral agar bisa maju terus ke depan demi kebaikan masyarakat.

“Kami sangat bersyukur atas jajaran pakar yang bersedia menjadi Dewan Penasihat Medis Alodokter. Tidak bisa dipungkiri inisiatif ini adalah hasil hubungan baik Alodokter dengan IDI dan Kementerian Kesehatan,” ujar Suci Arumsari, Presiden Direktur & Co Founder Alodokter

Selain Dewan Pengawas Medis Alodokter, dokter internal di Alodokter memastikan informasi kesehatan yang berkualitas dan up to date dengan komunikasi yang efektif. Tim dokter Alodokter mempromosikan budaya pendidikan kedokteran berkelanjutan untuk memberikan, melindungi dan mengawasi pelayanan kesehatan di Alodokter. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER