Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Prediksi, Trafik Naik 10% di Ramadan dan 15% di Musim Lebaran

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Guna menghadapi Ramadan dan Lebaran tahun ini, XL Axiata memperkuat jaringan telekomunikasi. Penguatan jaringan data mengantisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadan dan saat libur panjang Lebaran. 

Apalagi, dengan adanya pelonggaran dari pemerintah seiring dengan menurunnya kasus Covid-19, mobilitas masyarakat juga akan meningkat. 

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, dengan adanya pelonggaran, pemerintah akan mengizinkan mudik Lebaran, mobilitas masyarakat kemungkinan besar akan meningkat dibanding tahun lalu saat mudik masih dibatasi. 

Mobilitas saat Lebaran artinya masyarakat bisa bepergian untuk berlibur ke luar kota seperti sebelum pandemi. Trafik semua layanan telekomunikasi, terutama data, akan meningkat. 

“Penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan. Baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik. Kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga dua kali ldibandingkan hari normal,” kata Gede, Senin (28/3).

Gede memperkirakan, trafik akan meningkat hingga 10%  selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa. Dan akan meningkat hingga 15% saat masuk di masa libur Lebaran. 

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lain berupa optimalisasi jaringan. Dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas  masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Sejumlah daerah  yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus. 

Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian. Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut.

Juga t penguatan jaringan di sepanjang jalan raya antar provinsi. Baik jalan tol maupun non-tol, baik di Pulau Jawa maupun di luar Jawa. 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER