Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank BJB Mendukung Program Petani Milenial

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BJB mendukung petani milenial. Ini merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui permodalan dan pemberdayaan.

Program Petani Milenial diluncurkan pada Maret 2021. Menjawab persoalan sektor pertanian dengan menggandeng milenial, mitra petani muda dan pemangku kepentingan Jawa Barat,. Semua dalam kolaborasi Pentahelix yaitu kolaborasi antara pemerintah, kampus, pengusaha, komunitas dan media.

Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB, Nancy Adistyasari mengatakan, Bank BJB menjadi mitra strategi dalam mendukung berbagai program pemerintah. Khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Bank BJB menyalurkan kredit bagi Petani Milenial melalui dua skema, yaitu direct dan closed loop.

Skema Direct, yakni penyaluran kredit secara langsung pada petani yang feasible dan bankable serta memiliki pengalaman mumpuni di bidang pertanian. 

Sedangkan skema Closed Loop, yakni penyaluran kredit dengan skema kemitraan, petani berbudidaya sesuai dengan pasar yang tersedia dari offtaker. Petani akan memperoleh pendampingan dari offtaker selama budidaya dan hasil panen akan langsung dibeli offtaker yang berperan sebagai avalist baik untuk kreditnya maupun hasil panennya.

Bank BJB akan memberikan bantuan modal kepada petani milenial melalui kredit usaha rakyat (KUR). “Besaran kredit ini tergantung RKU (Rencana Kerja Usaha) atau bisnis plan yang disampaikan oleh petani atau offtaker,” kata Nancy, pekan lalui.

Sejak kick off sampai dengan saat ini total pembiayaan yang telah tersalurkan mencapai kurang lebih Rp 66,5 miliar kepada 362 debitur. Kualitas kredit atau rasio non performing Loan (NPL) level 0%.

Bank BJB menyediakan layanan perbankan dan perencanaan keuangan bagi para petani milenial. Serta menyediakan ID Card yang berfungsi sebagai ATM bagi para petani milenial (ATM Co-Branding).

“Bank BJB berperan sebagai koordinator pembiayaan melalui pemberian kredit dan memberikan pemberdayaan bagi para petani milenial,” kata Nancy.

Menurutnya, program petani milenial punya tujuan yang sangat penting demi mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian Jabar. Program ini juga diharapkan bisa menahan laju urbanisasi.

Sehingga bisa memberikan kesempatan kepada anak muda korban PHK di masa pandemi. Atau mereka yang baru lulus dari perguruan tinggi, serta keluarga petani untuk turut berkontribusi memajukan perekonomian desa. (yos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER