Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pemkot Makassar Gandeng WIR Group Hadirkan Metaverse Makassar

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan WIR Group. MoI dengan perusahaan teknologi berbasis augmented reality ini untuk  mengembangkan platform metaverse Kota Makassar.

Pengembangan platform metaverse ini upaya Pemkot Makassar mengadopsi teknologi digital. Dengan menghadirkan realitas virtual yang nantinya dapat memberikan manfaa.

“Kami berharap masyarakat kota Makassar khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dapat memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Sehingga akan memberikan nilai tambah. Terutama bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan bagi warganya. Selain itu platform metaverse memiliki potensi yang besar untuk masyarakat bisa berinteraksi, bekerja, belajar dan berkarya,“ ujar Walikota Makassar, Danny Pomanto, belum lama ini. 

Sementara bagi WIR Group, kerja sama dengan Pemkot Makassar menegaskan komitmennya untuk mengembangkan platform metaverse. Seperti yang telah dikembangkan di kota-kota lain, di antaranya Jakarta, Bali dan Ibu Kota Negara (IKN). 

Baca juga: WIR Group Perluas Kolaborasi, Kembangkan Metaverse Indonesia

“Metaverse Kota Makassar juga akan hadir dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai-nilai dan kearifan lokal dan budaya bangsa,” ujar Stephen Ng, Chief Metaverse Officer WIR Group.

Pembangunan metaverse Indonesia memang membutuhkan waktu cukup lama dan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024. “Mengingat pengembangan metaverse memiliki kompleksitas yang tinggi,” ujarnya. 

Sebelumnya, WIR Group menandatangani kesepakatan kerjasama dengan sejumlah entitas dari berbagai sektor untuk ikut bergabung dalam ekosistem metaverse Indonesia. Mulai sektor perbankan di antaranya Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank BNI, sektor pendidikan (Trisakti School of Multimedia), properti hingga budaya dan kuliner (Museum Boga Indonesia).

WIR Group akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia yang dirancang dengan platform serta didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI), virtual reality (VR), dan augmented reality (AR) kepada dunia internasional saat perhelatan Presidensi G-20 Indonesia 2022 di Bali. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER