Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Usia Enam Tahun, Qlue Memperluas Bisnis Melalui Inovasi Teknologi di 2022

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Qlue menggelar kegiatan Qlue Hackathon 2022. Di ulang tahun ke-6 ini, perusahaan penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia ini berupaya memperluas inovasi solusi-solusi smart city yang sesuai kebutuhan pasar.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, Qlue sebagai perusahaan berbasis teknologi harus mengembangkan solusi secara berkelanjutan. Ini sejalan dengan ekspansi bisnis yang masif.

Secara total, Qlue berhasil mengimplementasi solusi di lebih 85 kota. Angka implementasi itu meningkat lebih dari 200% dibanding 28 daerah di tahun sebelumnya. Pencapaian Qlue di 2021 ini akan menjadi parameter agar pengembangan bisnis di 2022 semakin agresif melalui solusi yang inovatif.

“Dimensi bisnis.mengalami pergeseran tren dan banyak perusahaan yang berambisi untuk memperkuat aspek digital mereka. Salah satunya kecerdasan buatan dan internet of things (IoT). Tentu ini membuka peluang ekspansi bisnis baru bagi perusahaan dan memperkuat posisi Qlue sebagai penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia,” ujar Rama, pekan lalu.

Pengembangan teknologi Qlue memiliki manfaat yang signifikan terhadap bisnis perusahaan. Salah satunya pengembangan QlueThermal, berada di tahap pengembangan generasi ketiga yakni QlueThermal Gatotkaca.

Pada 2021 lalu, sebanyak lebih dari 300 perangkat QlueThermal berhasil diimplementasikan di lebih dari 60 kota. Untuk 30 clients dan business partners Qlue. QlueThermal berhasil memindai lebih dari 3 juta wajah dan suhu tubuh.

Presiden Qlue, Maya Arvini mengatakan, kinerja bisnis Qlue menunjukan performa yang baik di tengah kondisi pandemi. Beberapa sektor baru yang berhasil dijangkau antara lain dari sektor mal dan ritel, perhotelan, infrastruktur, manufaktur, dan farmasi.

Pertumbuhan akuisisi klien baru juga tercatat berada di angka 30%. Dengan komposisi klien masih didominasi oleh sektor pemerintahan dan BUMN sebesar 60% serta sektor swasta 40%.

“Keberhasilan kami meraih hasil positif dari sektor komersial ini juga berkat kepercayaan dari business partner yang memiliki visi sejalan dalam mempercepat perubahan positif di seluruh dunia. Tentu saja ini menjadi modal pencapaian yang kuat untuk menjalani bisnis di 2022 yang penuh tantangan dan emacu kami agar bisa lebih baik lagi,” ujar Maya.

Melalui Qlue Hackathon 2022, ide-ide pengembangan teknologi solusi smart city sangat bervariasi dengan mengusung konsep smart energy, smart healthcare, smart tourism, hingga smart infrastructure.

Co-Founder dan CTO Qlue Andre Hutagalung mengatakan, solusi Hackathon 2022 ini terus mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Solusi yang paling prospektif antara lain QlueVosys. Ini adalah solusi berbasis smart governance dalam rangka menciptakan digitalisasi pemilu yang modern dan transparan.

Selain itu solusi QlueIvy yang berbasis smart living ini dikembangkan untuk mendorong masyarakat untuk merawat tanaman sehingga lingkungannya menjadi lebih hijau dan sehat. Cara kerjanya, menghubungkan sensor deteksi dengan sumber air. Sehingga memungkinkan pengairan secara otomatis saat tingkat kelembaban tanah berada dalam tahap membutuhkan suplai air. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER