Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

PT Sarana Multi Infrastruktur dan UUS Bank Permata Kucurkan Kredit Sindikasi US$ 231,9 Juta ke Armada Gema Nusantara

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI selaku mandated lead arranger and Bookrunner dan Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Permata selaku arranger, bekerja sama dalam pemberian fasilitas pembiayaan syariah secara sindikasi sebesar US$ 231,9 juta kep PT Armada Gema Nusantara. Dana ini untuk memperkuat struktur pendanaan
perusahaan.

PT Armada Gema Nusantara mengoperasikan dan pemilik kapal tanker Floating Production Storage and Offloading Karapan Armada Sterling III (FPSO KAS III). FPSO KAS III beroperasi di Lapangan BD Selat Madura berdasarkan kontrak sewa dengan Husky-CNOOC Madura Limited (“HCML”).

Pembiayaan sindikasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kontinuitas pasokan gas di dalam negeri. Sehingga dapat mendukung aktivitas industri dan kelistrikan. Secara tidak langsung akan turut menopang pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Pembiayaan ini menggunakan akad musyarakah mutanaqisah (MMQ) dengan skema refinancing melalui pelunasan fasilitas kredit sindikasi eksisting yang diterima PT AGN dari perbankan luar negeri.

Pada sindikasi ini, porsi pembiayaan PT SMI sebesar US$ 150 juta dan UUS Bank Permata US$ 81,9 juta. Ini transaksi pembiayaan syariah secara sindikasi onshore terbesar di Indonesia dalam mata uang dollar Amerika Serikat (AS).

Sylvi J. Gani, Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI menyampaikan, pembiayaan ini komitmen PT SMI bersama institusi perbankan, mendukung kemajuan ekonomi syariah di Indonesia.

“Kami berharap, pemberian fasilitas pembiayaan syariah kepada PT AGN ini dapat menjadi langkah awal melahirkan transaksi pembiayaan syariah berikutnya. Dan dalam rangka mendukung pertumbuhan sektor minyak dan gas di Indonesia,” ujar Sylvi J. Gani, belum lama ini.

Herwin Bustaman, Direktur Unit Usaha Syariah Bank Permata menyampaikan, PermataBank Syariah akan terus mendorong pembiayaan korporasi yang sejalan dengan arahan pemerintah
untuk mendorong swasta terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Sebagai arranger, agen fasilitas, agen jaminan, dan bank pengelola rekening diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan menjadikan PermataBank sebagai ecosystem partner pilihan bagi para nasabah kami,” imbuh Herwin. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER