Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kerjasama Pemprov DKI dan Bank DKI, Wapres dan OJK Resmikan BWM di Jakarta

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung kebijakan pemerintah memperluas akses keuangan masyarakat melalui pengembangan dan penyediaan akses permodalan sektor UMKM di Indonesia. Salah satu upaya tersebut melalui pendirian Bank Wakaf Mikro (BWM).

Pendirian BWM bertujuan memberdayakan usaha mikro kecil masyarakat di sekitar lingkungan pesantren. Pekan lalu, Wakil Presiden Republik K.H. Ma’ruf Amin didampingi Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso meresmikan pendirian BWM Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan di Ciracas, Jakarta.

Wapres dmenyampaikan, pemerintah berkomitmen merealisasikan potensi besar pesantren secara maksimal di antaranya melalui kehadiran  BWM. BWM sebagai lembaga keuangan mikro syariah merupakan bagian dari ekosistem keuangan syariah selain perbankan.

BWM ini salah satu ekosistem dari pengembangan keuangan syariah. Eksistensi BWM tidak berhenti pada penyediaan modal bagi masyarakat kecil yang sulit mengakses lembaga keuangan formal karena berbagai syarat perbankan dan mengenai aturan-aturan.

“BWM ini sangat sederhana, tidak perlu agunan, tidak perlu sistem kredit yang bankable” kata Wapres, pekan lalu.

Selain itu, Wapres juga menekankan, BWM harus dikelola secara baik dan profesional agar terjaga keberlangsungannya serta kapasitasnya dapat dikembangkan. Ia berharap agar pengembangan BWM dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat serta berkah bagi masyarakat di sekitarnya.

Wimboh mengatakan, keberadaan BWM telah membantu perekonomian masyarakat kecil di sekitar pesantren. Melalui pembiayaan modal usaha produktif dan pembinaan usaha yang dilakukan secara terstruktur.

“OJK mendukung sepenuhnya perluasan BWM sebagai bentuk penyediaan akses keuangan dan pemberian pendampingan kepada para pelaku UMKM., Khususnya yang berada di lingkungan sekitar pondok-pondok pesantren” kata Wimboh.

Sejak diluncurkan lima tahun yang lalu, saat ini telah berdiri sebanyak 62 BWM di 20 provinsi di seluruh Indonesia. Kehadiran BWM telah dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 55.000 nasabah.

Dengan akumulasi penyaluran pembiayaan sampai dengan posisi 22 Maret 2022 mencapai Rp87,2 miliar. BWM Pesantren Modern Pondok Karya Pembangungan ini merupakan BWM yang pertama di DKI Jakarta. Dibentuk melalui sinergi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Bank DKI.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER