Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

DANA Menghadirkan Empat Inovasi Baru, Transaksi Makin Seru

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dompet digital DANA memperkenalkan empat inovasi produk terbaru. Pengenalan inovasi-inovasi tersebut bertepatan dengan empat tahun kehadiran dan kontribusi DANA dalam memberikan solusi bertransaksi digital yang mudah, aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia melalui teknologi yang inklusif.

Keempat inovasi terbaru tersebut akan segera hadir dalam aplikasi DANA dan bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari memberikan rekomendasi finansial hingga tarik tunai di gerai Alfamart.

Selama empat tahun kehadirannya, DANA telah bertumbuh pesat baik dari segi jumlah pengguna. Kini sudah lebih dari 100 juta penguna. Dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, dan 5.000 online merchant, termasuk lebih dari 500.000 UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis.

“Ini menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA semakin dipercaya dan semakin inklusif,” kata Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, pekan lalu.

Empat inovasi terbaru yang dihadirkan merupakan bentuk komitmen DANA untuk menciptakan teknologi yang inklusif dan memberikan dampak positif. Baik bagi pengguna maupun bagi kemajuan perekonomian digital di Indonesia. “Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital,” lanjut Rangga.

Berikut empat inovasi terbaru yang akan hadir dalam aplikasi DANA.

  1. DANA Pay

DANA ingin memastikan pengalaman bertransaksi digital pengguna bukan saja mudah, aman dan nyaman, tetapi juga makin pintar. Lewat pembaruan yang dilakukan, aplikasi DANA kini memiliki kemampuan mengombinasikan metode pembayaran, melalui saldo DANA, kartu debit maupun kredit, manakala saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

Berkat pembaruan ini, DANA memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis.

Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation). Tidak hanya itu, keamanan saat bertransaksi digital juga makin terlindungi dengan hadirnya pilihan otentikasi pembayaran serta daily limit card untuk membatasi jumlah penggunaan setiap hari.

2. Rapor DANA

Fitur baru ini ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan. Hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Dengan Rapor DANA, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek. Yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, lalu pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Lewat serangkaian pertanyaan tersebut, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban. Pada Rapor DANA, pengguna juga akan terus mendapatkan edukasi finansial yang dibagikan secara gratis agar mereaka mampu menentukan langkah finansialnya dengan lebih bijak.

3. Pembayaran STNK via Signal

Dompet digital DANA kini telah terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pengguna membayar STNK.

Pembayaran ini dapat ditemukan pada kategori Biller. Saat ini, layanan pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia.

Di antaranya Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

4. Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart

DANA memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank dan aplikasi DANA untuk menarik uang diterimanya melalui Alfamart.

Bagi pengirim, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengetuk ikon Send dan dilanjutkan dengan memilih ikon Withdraw Cash. Kemudian, pengguna bisa memilih Alfamart, lalu Send Cash untuk memasukkan data penerima. Pengirim akan mendapatkan kode verifikasi yang dapat dibagikan kepada penerima dengan batas waktu tarik tunai selama 12 jam.

Sementara itu, penerima dapat menarik uang yang ditujukan kepadanya dengan mengunjungi Alfamart dan menuju ke kasir dengan menyebutkan ‘DANA Penarikan Uang’. Pastikan juga data diri sesuai KTP telah terdaftar pada kasir Alfamart.

Terakhir, informasikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh pengirim untuk mendapatkan uang tunai senilai uang yang telah dikirim. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER