Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Umumkan Sang Jawara Ajang Turnamen eSports Lokapala Jawara Nusantara

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Turnamen games Lokapala Jawara Nusantara, diselenggarakan oleh Telkomsel melalui Dunia Games bersama INDICO dan Melon Indonesia menobatkan Jeet Capital sebagai pemenang. Dalam grand ginal yang mempertandingkan empat tim tersebut, Jeet Capital berhasil mengalahkan Dewa United.

Sedangkan untuk peringkat tiga dinobatkan kepada Rans ESports yang berhasil mengalahkan Bonafide ESports. Turnamen ini turut didukung Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, perkembangan industri game lokal ini telah maju begitu pesat. Khususnya kategori game kompetitif, yang menjadi media pertandingan kali ini, yaitu Lokapala.

“Kita harus menunjukkan bangsa yang besar, bangsa yang professional, bangsa yang sportif. Bisa menunjukkan nilai-nilai seperti ini ke depan,” ujar Luhut, pekan lalu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menambahkan, eSports memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat. Tahun 2020, revenue industri game sebesar US$ 1,8 miliar. Kemudian di tahun 2021 naik menjadi US$ 2,8 miliar.

“Terkait dengan sumber daya manusia, studi yang dilakukan oleh Vero dan Decision Lab mengungkap, stakeholder industri eSports Indonesia mencapai 52 juta orang. “Baik sebagai pemain, pelatih, analis dan lain sebagainya. Jumlah ini diprediksi akan semakin meningkat,” kata Sandy Uno.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam berharap, ajang ini dapat menjadi salah satu sarana yang mampu membangkitkan rasa cinta dan bangga kita terhadap games eSports buatan lokal yang juga memiliki karakteristik kearifan lokal. “Sehingga dapat mendorong lebih banyak lagi munculnya games eSports lokal lainnya dan berkolaborasi bersama developer game lokal untuk memperkuat dominasi talenta lokal di industri game dan eSports Indonesia.”

Dunia Games memiliki pencapaian monthly visitor lebih dari 15 juta. Dunia Games juga melayani pembelian kupon atau voucher untuk game PC dan mobile melalui layanan direct carrier billing. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER