Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Gojek dan GoTo Financial Bagikan Tren Bisnis Ramadan untuk Tingkatkan Penjualan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Gojek & GoTo Financial berbagi pengetahuan bisnis berbasis data selama Ramadan. Khususnya tren dan pola konsumen dalam pembayaran, produk ritel dan jasa.

Hingga food delivery melalui ebook dan series podcast bertajuk Lika Liku Laku. Berangkat dari situasi pandemi dan ekonomi kian membaik, pelaku usaha perlu terus beradaptasi guna meningkatkan transaksi bisnis dan terus menumbuhkan bisnis.

Terlihat pola transaksi bisnis yang terus berubah secara dinamis dalam dua tahun terakhir, termasuk pada Ramadan. Diharapkan mitra usaha menyusun strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan transaksi pada Ramadan dan Hari Raya.

Group Head Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan menjelaskan, seiring aktivitas kegiatan sehari-hari maupun berbelanja yang masih terpusat secara online, tren data sangat penting dipahami mitra usaha.

Tak hanya itu, mitra usaha menentukan strategi efektif selama Ramadan dengan memahami tren data. Termasuk menentukan kapan dan bagaimana meningkatkan penjualan produk dan jasa di berbagai kanal. Baik di outlet toko maupun media sosial.

“Sebagai partner pertumbuhan mitra usaha, Gojek dan GoTo Financial berkomitmen hadirkan ragam solusi teknologi dan non-teknologi yang holistik bagi para UMKM dan mitra usaha di berbagai fase pertumbuhan mereka. Sehingga pada akhirnya dapat mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia,” terang Bayu, Rabu (7/4).

Berikut insight dan tips bagi pelaku usaha pada tahun ini berdasarkan data internal Gojek dan GoTo Financial, agar memaksimalkan transaksi mereka selama Ramadan. 

Tren Pembayaran

  • E-wallet masih menjadi mayoritas metode pembayaran konsumen di Indonesia melalui payment gateway Midtrans. Pada Ramadan 2021, data internal Midtrans menunjukkan, GoPay menjadi metode pembayaran utama hingga lebih dari 60% transaksi. Diikuti transfer bank (13,5%)  dan kartu kredit (10,5%).
  • Mitra usaha perlu mempersiapkan opsi pembayaran lengkap untuk menjangkau segmen konsumen lebih luas seiring dengan demand masyarakat ke ke toko offline yang semakin meningkat. Pembayaran menggunakan kartu kredit di toko offline melalui GoBiz PLUS meningkat 46% di bulan Ramadan 2021, dibandingkan waktu sebelum Ramadan.
  • Organisasi non-profit memanfaatkan payment gateway untuk meningkatkan penerimaan donasi selama Ramadan. Transaksi Midtrans untuk kategori donasi meningkat hingga 75% selama Ramadan 2021.

Tren Produk Ritel dan Jasa

  • Mitra usaha yang berhasil menerapkan strategi yang tepat di bulan Ramadan berpotensi mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar selama Ramadan dan setelahnya. Terjadi peningkatan penjualan produk fashion & beauty di bulan Ramadan hingga 285% dibandingkan bulan-bulan sebelum Ramadan tahun 2021. Walaupun terjadi penurunan penjualan setelah Ramadan 2021, rata-rata pendapatan mitra usaha sektor retail fashion & beauty masih lebih tinggi 107% dibandingkan sebelum Ramadan. 
  • Geliat bisnis offline sudah mulai bangkit kembali seiring konsumen mempersiapkan koleksi baju baru Lebaran. Pada Ramadan tahun 2021, belanja konsumen dengan menggunakan GoPay di outlet belanja seperti toko dan mall didominasi oleh belanja produk fashion & beauty, diikuti dengan produk kesehatan dan home goods. Perubahan gaya hidup selama pandemi juga membuat konsumen masih memprioritaskan produk kesehatan dan produk yang dapat menambah kenyamanan di rumah.
  • Usaha produk hiburan digital semakin diminati selama Ramadan. Ramadan menjadi momentum bagi penjualan produk-produk digital penunjang gaya hidup, dimana transaksi konsumen Indonesia menggunakan GoPay untuk kategori hiburan meningkat hingga 78%, diikuti oleh produk-produk digital seperti pulsa (16%), dan games (4%).

Tren Pengantaran Makanan

  • Sebagai pilihan utama pelanggan selama Ramadan, GoFood dapat diandalkan para UMKM dengan menitikberatkan promosi pada kanal media sosial menuju jam-jam tertentu. Mengacu Ramadhan 2021 lalu pesanan GoFood meningkat sekitar 17% di jam menjelang maghrib. Menambah pesanan yang memang sudah ramai menjelang jam makan malam, dan meningkat 179% di jam sahur, dibandingkan bulan sebelumnya. 
  • UMKM dapat berinovasi di GoFood untuk menu-menu makanan dan minuman yang diminati masyarakat untuk takjil dan berbuka puasa. Selain menu jajanan dan aneka minuman yang banyak dipesan sebagai takjil. Menu favorit selama Ramadan berupa makanan pokok, yaitu aneka nasi, makanan siap saji dan aneka ayam-bebek. Uniknya, makanan Internasional seperti piza, pasta dan aneka makanan Jepang juga mendapatkan tren pesanan yang tinggi. 
  • UMKM mengandalkan promosi melalui GoFood untuk meningkatkan basket size dan jangkau pelanggan lebih jauh. Pada Ramadan 2021, banyak mitra usaha yang menggunakan promo diskon keseluruhan (cart discount). Agar UMKM terus menjadi pilihan bagi pelanggan, GoFood turut menghadirkan promo Pasti Ada Promo selama Ramadan 2022.

Melalui ragam solusi, mitra usaha dapat menerima pembayaran non tunai baik offline maupun online (melalui GoPay, GoBiz PLUS, Midtrans). Lalu melakukan efisiensi operasional usaha (melalui Selly, GoBiz, Moka, dan GoKasir).

Mengoptimalkan pemasaran dan kanal penjualan (melalui GoFood dan GoStore), mengakses pinjaman usaha yang mudah (GoModal). Serta menjangkau pelanggan dengan nyaman (melalui GoSend). (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER