Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jelang Demo Mahasiswa 11 April, Peretasan Menimpa Akun BEM SI, Ini Kata Pemerintah

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menjelang demonstrasi mahasiswa 11 April 2022, peretasan menimpa akun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) dan tokohnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate, memberi peryataab mengenai dugaan peretasan akun media sosial beberapa pimpinan organisasi mahasiswa menjelang aksi demonstrasi. Menurutnya, pemerintah tidak pernah melakukan peretasan.

“Pemerintah tidak pernah melakukan peretasan, tidak ada peretasan. Tapi yang harus kita tahu serangan siber itu setiap detik terjadi. Sehingga kita masing-masing harus menjaga agar ruang digital kita terjaga dengan baik, termasuk di dalamnya enkripsi harus dijaga,” tegasnya, Ahad (10/4).

Johnny menjelaskan setiap pengguna platform media sosial mempunyai one-time password (OTP) untuk melindungi akun. Oleh karena itu, Menkominfo mengimbau agar setiap orang sering mengganti password guna menghindari peretasan.

“Sehingga jangan sampai terjadi hal-hal seperti itu (peretasan akun media sosial). Kemudian setiap kali ada serangan-serangan (siber) dituduhkan kepada pemerintah. Apalagi dalam agenda atau event seperti begini,” ujarnya.

Menkominfo menegaskan tugas dan peran Pemerintah khususnya Kementerian Kominfo untuk menjaga ruang digital tetap kondusif dan sehat. 

“Apalagi selama saya di sini (sebagai Menkominfo), saya menjaga betul komitmen terhadap kebebasan pers, ekspresi pendapat, kebebasan menyampaikan pendapat, kebebasan berbicara itu dijaga dengan baik. Tetapi serangan siber terjadi terus-menerus. Sehingga kita juga harus menjaga bersama, agar selalu mengganti password kita, juga platform penyelenggara sistem elektronik menjaga enkripsinya dengan baik,” tuturnya. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER