Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

NFT untuk Penggalangan Dana dari BeKind

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Donasi bukan cuma digital. Tapi bisa menggunakan blockchain.

BeKind meluncurkan non fungible token (NFT) untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem sosial yang memungkinkan penggalangan dana secara kreatif, transparan, dan akuntabel pertama di Indonesia. 

NFT aggregator sosial berbasis platform dan teknologi blockchain ini diluncurkan melalui platform marketplace OpenSea.

Penggalangan dana bisa melalui pembelian karya digital NFT menggunakan pertukaran token berbasis teknologi blockchain. Memungkinkan penyimpanan data lebih akurat dan penyaluran dana yang lebih transparan.

Proses penggalangan dana seringkali menghadapi berbagai tantangan. Seperti biaya transaksi tinggi, kurangnya transparansi, dan kemungkinan manipulasi pelaporan penyaluran dana.

“Dengan menggunakan blockchain untuk penggalangan dana sosial, kami berharap para donatur maupun filantrop di Indonesia mendapatkan sebuah solusi penggalangan dana inovatif lebih transparan dan akuntabel. Pelacakannya juga akan lebih akurat dan transparan,” kata Fajar Jasmin, CEO dan Founder BeKind, belum lama ini.

Karya digital NFT yang tersedia di marketplace merupakan hasil kolaborasi sejumlah pelaku seni yang difasilitasi BeKind. Sejumlah karya yang telah diluncurkan sejauh ini adalah kerja sama antara kelompok musik legendaris, KLa Project, dengan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi.

Mereka meluncurkan karya digital klip video musik yang menampilkan potongan lagu “Yogyakarta” dengan animasi spesial menggunakan teknologi retro. Pertama kalinya, penggalangan dana sosial difasilitasi melalui penyelenggaraan kolaborasi antar-kreator NFT sebagai karya digital. 

“Karya musik digital hasil kolaborasi kami dengan Pinot merupakan langkah awal bagi kami dan juga pelaku seni lain untuk memanfaatkan platform ini lebih jauh. Ke depan, kami harap pelaku seni lain bisa meramaikan platform penggalangan dana sosial inovatif ini, BeKind, dengan hasil karya mereka,” kata Katon Bagaskara, vokalis KLa Project.

Selain itu, karya digital NFT musik lain yang sudah tersedia di marketplace BeKind. Seperti hasil kolaborasi kelompok musik Elemen dan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi, dengan lagu Kekuatan Cinta. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER