Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Yuk, Amankan Data, Ini Tips dari Telegram

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kasus kebocoran data pada sektor pemerintahan, e-commerce, dan aplikasi messenger umumnya karena lalai terhadap isu keamanan data. Hal ini menjadi sangat berbahaya. 

Data kita yang bocor dapat diperjualbelikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab Hingga disalahgunakan untuk keperluan penipuan serta pencurian identitas. 

Isu kebocoran data ini juga menjadi fenomena global. Ada sekitar 1.862 kasus kebocoran data di seluruh dunia pada tahun 2020.

Dalam rilis belum lama ini, Telegram menyebut, salah satu cara menjaga keamanan data melalui fitur bernama end-to-end encryption. Fitur yang sudah banyak tersedia di dalam aplikasi messenger ini akan membuat komunikas aman. 

Dapat mencegah pihak ketiga, termasuk platform aplikasi messenger, mengakses data saat data tersebut ditransfer dari satu sistem atau perangkat ke perangkat lainn. 

Jadi, fitur ini akan membuat percakapanmu aman dari kebocoran data. Hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat pesan yang dikirim. 

Telegram juga telah mengadopsi teknologi end-to-end encryption di dalam fitur Secret Chat. Selain menggunakan fitur end-to-end encryptionSecret Chat hanya bisa diakses melalui satu perangkat.

Ada beberapa cara lainnya untuk meningkatkan keamanan akun Telegram

  • Sembunyikan nomor teleponmu

Meskipun orang asing tidak dapat melihat nomor telepon secara default, pengguna Telegram lain dapat melihat nomor telepon itu jika nomor telepon mereka tersimpan di telepon Anda. Dan menyinkronkan kontak kamu dengan Telegram. 

  • Gunakan fitur lock chat

Salah satu keunggulan Telegram ada pada sistem chat berbasis komputasi awan atau cloud chat. Pengguna bisa mengakses percakapan dalam beberapa perangkat dalam waktu bersamaan tanpa perlu khawatir riwayat percakapanmu akan terhapus. Hal ini juga berguna apabila kamu membeligadget baru dan ingin segera menggunakan Telegram di gadget baru. Fitur lock chat yang dapat mengunci pesanmu secara otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa menit.

  • Matikan Fitur “People Nearby”

Fitur “People Nearby” memang memudahkan untuk berkenalan dengan teman baru tanpa bertukar nomor telepon. Jangan lupa menonaktifkannya.

  • Gunakan fitur self destruct chat

Takut kalau H diintip sama teman? Dengan fitur self-destruct chatTelegram, aman. Untuk mengatasi masalah ini, hanya perlu mengaktifkan self-destruct timer yang tersedia untuk semua pesan di Secret Chats dan untuk media di private cloud chat.

  • Batasi undangan masuk grup

Telegram ternyata memiliki fitur yang mengatur izin menambahkan akunmu ke grup,

  • Aktifkan protected content di grup dan channel

Update terbaru Telegram ini membantu para creators untuk melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram. Dan memastikan bahwa itu hanya tersedia untuk audiens yang mereka tuju.

  • Hapus pesan berdasarkan tanggal

Pengguna juga dapat mengatur pesan kamu dalam mode hapus otomatis untuk satu hari, sepekan atau bulan setelah pengiriman. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER