Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Astra Life Catatkan Premi Bruto Rp 5,7 Triliun di 2021, Tumbuh 50%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Di tengah banyaknya tantangan akibat pandemi Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) terus menunjukkan pertumbuhan positif sepanjang tahun 2021.

Tahun tersebut juga merupakan tahun pertama Astra Life beroperasi penuh sejak perubahan kepemilikan. Ini diikuti pergantian nama perusahaan pada akhir tahun 2020.

Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi menerangkan, di tengah keadaan yang menantang dan Astra Life tetap mampu memberikan layanan.

Pada tahun 2021, Astra Life mencapai rekor ketinggian baru. Ditandai oleh bebagai indikator kunci,
seperti pertumbuhan premi bruto atau gross written premium (GWP), naik menjadi Rp 5,7 triliun dariRp 3,7 triliun di tahun 2020. Atau bertumbuh sebesar 50%.

Pertumbuhan ini tercatat berada diatas rata- rata pertumbuhan industri. Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), industri asuransi jiwa di Indonesia mencatat total pendapatan premi sebesar Rp 202,93 triliun. Atau tumbuh sebesar 8,2%.

Secara total, aset Astra Life per Desember 2021 tumbuh 8% year-on-year (yoy) menjadi Rp7,1 triliun. Astra Life juga mencapai ketinggian baru dari sisi jumlah tertanggung yang menembus 3,5 juta bertumbuh 20% dari tahun 2020. Atau lebih dari 8 kali lipat sejak perusahaan didirikan di tahun 2014.

Sepanjang tahun 2021, Astra Life telah membayarkan klaim sebesar Rp709 miliar. Angka ini juga mencakup klaim terkait Covid-19 yang mencapai Rp170 miliar. Dengan peningkatan klaim yang cukup signifikan di pertengahan tahun 2021 akibat lonjakan kasus Covid-19 varian Delta.

Jumlah ini meningkat sebesar hampir 10 kali lipat jika dibandingkan dengan total klaim karena Covid-19 sepanjang tahun 2020.

Astra Life mampu menjaga tingkat kesehatan yang baik. Dengan solvabilitas atau risk based capital (RBC) di angka 286%, melampaui ketentuan minimum sebesar 120% yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Tidak hanya pencapaian yang positif melalui performa keuangan, tahun 2021 juga menjadi momentum
bagi kami mengoptimalkan kanal distribusi dan layanan digital untuk menjangkau lebih banyak
nasabah. Serta memberikan pelayanan yang lebih baik, serta secara konsisten melaksanakan kampanye
marketing yang mengajak masyarakat untuk tetap optimis di tengah pandemi Covid-19,” tambah
Windawati.

Astra Life melalui Finance Companies Group Astra (Finco) juga telah melindungi lebih dari 1 juta nasabah
dengan produk asuransi mikro kepada nasabah FIFGROUP. Serta menawarkan produk asuransi jiwa kredit
bagi debitur Toyota Astra Financial dan Astra Credit Company.

Di tahun 2021, Astra Life juga meluncurkan berbagai produk. Baik produk asuransi murni maupun unit link
untuk menjawab kebutuhan berbagai segmen dan jalur distribusi di antaranya Flexi Health yang
merupakan produk AVA Life Protection dengan AVA Health Protection. Dengan perlindungan kesehatan
dan santunan rawat inap hingga Rp1 juta per hari tanpa cek medis.

Medicare Premier sebagai asuransi tambahan premium dengan perlindungan rawat inap kamar privat hingga Rp30 miliar per tahun. Dan AVA iFamily Protection dengan perlindungan jiwa dan kesehatan yang memiliki fitur premi kembali 100%. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER