Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Industri Properti Kini Merambah Dunia Metaverse

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Setelah industri perbankan memasuki dunia metaverse, giliran pengembang tidak mau ketinggalan.

Beberapa di antaranya juga sudah mulai merambah ke dunia digital yang tengah menjadi perbincangan ini.

PT Diamond Development Indonesia (DDI), anak perusahaan Mitsubishi Corporation dan Pakuan Tbk telah menandatangani MoU, berkolaborasi dengan metaverse yang dikembangkan oleh WIR Asia.

Seiring perkembangan teknologi, dan semakin maraknya dunia digital yang tengah menjadi pusat perbincangan saat ini, masyarakat memasuki dunia metaverse. Tak terkecuali Shila.

Selain pengalaman baru, rencana ini agar model perumahan modern dan perkembangan terbaru di Shila dapat terus terupdate di dunia virtual. Dan dapat dilihat oleh para pemilik rumah serta pengunjung.

Sehingga mereka juga menjadi dapat menikmati fasilitas, layanan, sarana dan prasarana yang ada tidak hanya dalam dunia nyata tetapi juga dalam dunia virtual.

Presiden Direktur PT DDI, Kenji Ono mengatakan tengah melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak dalam mewujudkan visi untuk membangun smart township ini. 

“Teknologi AR (augmented reality) yang sedang kami studi saat ini adalah teknologi smart system yang bisa memberikan dampak positif, ramah lingkungan, mudah digunakan dan relevan sesuai dengan perkembangan saat ini. Kami juga mempertimbangkan untuk menghubungkan dunia virtual Metaverse dengan kehidupan nyata,” kata Kenji, belum lama ini.

Chief Marketing Officer Shila at Sawangan, Denny Asalim mengungkapkan, pihaknya ingin terus memberikan pengembangan infrastruktur, fasilitas baru dan pengalaman konsumen.

“Beberapa kolaborasi besar juga tengah kami bicarakan. Baik dengan menggandeng perusahaan nasional maupun internasional untuk mempercepat realisasi kota modern digital ini” ujar Denny.

Executive Chairman & Co-Founder WIR Group, Daniel Surya mengatakan, Metaverse Indonesia akan dirancang dengan platform yang didukung teknologi AI, virtual reality (VR), AR. Selain itu, platform ini juga disebut akan menghadirkan kota-kota besar di Tanah Air.

“Metaverse Indonesia akan dibangun dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai bangsa. Di sana akan ada kota-kota utama Indonesia,” kata Daniel.

Pengembangan Metaverse Indonesia tahap pertama ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022 ini. Pemerintah sendiri sebelumnya menargetkan platform Metaverse Indonesia untuk diperkenalkan pada ajang Presidensi G20 Indonesia 2022.

Pengembangan ekosistem Metaverse Indonesia akan dibangun secara bertahap. WIR Group memperkirakan, ekosistem Metaverse Indonesia secara keseluruhan akan dikembangkan dalam waktu sekitar lima hingga enam tahun. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER