Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Yayasan BSMU Bagikan Tips Pengelolaan CSR

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) membagikan tips pengelolaan CSR di Webinar TOP CSR Award, belum lama ini.

Ketua Yayasan BSMU, Suhendar memaparkan, konsep dan tata kelola CSR harus berdampak bagus, akuntabel, dan transparan.  

“Kami punya pola mulai dari dari inisiasi, penilaian awal, perencanaan, implementasi, evaluasi. Program CSR harus bisa berkembang agar lebih luas dan menjadikan masyarakat mandiri,” kata Suhendar. 

Ia mencontohkan, dalam program CSR untuk desa yang dijalankan Yayasan BSMU, penerima manfaat kini punya akses ke bank dan bisa membayar zakat. “Sebelumnya mereka penerima zakat, lantas menjadi pembayar zakat. Dana kelolaan kami berkembang pesat,” kata Suhendar. 

Konsep pengelolaan CSR BSMU menerapkan prinsip, CSR harus impactful, memiliki dampak jangka panjang dan menyelesaikan problematika sosial. Tentu saja sebagai wujud nyata creating shared value bagi seluruh stakeholder.

“Kami melakukan implementasi program secara kontinu dari hulu ke hilir. Manfaat juga harus dirasakan masyarakat sekitar. Terbukti dengan zakat pertanian yang dinikmati oleh masyarakat sekitar Desa BSI Lampung yaitu 20,25 ton. Serta penyaluran CSR 10% dari keuntungan kelompok Gapsera untuk kegiatan sosial,” terang Suhendar.

Di akhir program BSMU berhasil meningkatkan kesejahteraan petani. Dngan 100% rumah tangga miskin berpindah menjadi rumah tangga sejahtera serta masuknya 52 kepala keluarga mitra. 

Pada social impact BSMU juga berhasil mendorong sistem jaminan sosial swadaya. Dengan alokasi CSR kelompok petani, pinjaman darurat serta aktivitas sosial lainnya. 

Selain itu petani juga sudah mulai memperluas produksi, yang tadinya hanya 4 ton per hari menjadi 8 ton per hari. Bisnis juga diperluas dengan benih pertanian organik serta perluasan pangsa pasar. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER