Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Halodoc Bagikan Tips Puasa Anti Lemas dan Tetap Fit

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bulan suci Ramadan menjadi momentum tepat untuk memulai banyak hal positif. Terutama kesehatan jasmani maupun rohani.

Halodoc berbagi tips sehat agar masyarakat bisa menjalani puasa anti lemas dan tetap fit. Felicia Kawilarang, Chief Marketing Officer Halodoc menyebutkan, Halodoc mengajak masyarakat sedia payung sebelum hujan. Agar terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Hal sederhana yang bisa dilakukan. Misalnya mulai berolahraga, menjaga pola makan, dan yang paling penting mengetahui risiko penyakit agar bisa diantisipasi sejak awal.

“Di sinilah Halodoc menjalankan peran untuk memberikan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi). Agar masyarakat senantiasa sehat, termasuk ketika sedang berpuasa,” kata Felicia, pekan lalu.

Olahraga di tengah bulan puasa tentunya memiliki tantangan tersendiri. Belum lagi harus menyesuaikan dengan padatnya pekerjaan atau aktivitas di luar rumah lainnya.

Selain itu, masyarakat cenderung mengabaikan olahraga karena belum mengetahui harus mulai dari mana, termasuk menjaga asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengimbangi olahraga yang ideal.

dr Elsye, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Halodoc, menuturkan, olahraga bisa dimulai dari gerakan yang sederhana. Misalnya lakukan minimal 10.000 langkah setiap hari. Atau bisa juga dilakukan minimal 10 menit setiap 2 jam, seperti jalan di tempat atau peregangan ringan yang penting dilakukan secara teratur.

Saat berpuasa, olahraga bisa dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang. Waktu yang paling tepat 1-2 jam setelah buka puasa. Namun, kalau masih memiliki cadangan energi, 1 jam sebelum buka puasa atau 1 jam setelah sahur bisa dilakukan dengan intensitas ringan.

Olahraga yang teratur membantu tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang membantu mood kita lebih bagus, buat yang insomnia juga bisa mulai olahraga agar tidur bisa lebih nyenyak.

“Kuncinya adalah konsistensi dan tidak ragu mengkonsultasikan kondisi kesehatan apapun ke dokter yang kini sangat dipermudah oleh Halodoc,” kata Elsye.

Konsistensi juga membantu kita tetap fit dalam jangka panjang, bahkan setelah Ramadan. Kita mengetahui, makanan yang berlimpah saat Hari Raya tidak bisa dihindari. Kalau kita sudah tahu akan makan banyak, intensitas olahraga juga harus ditingkatkan.

“Olahraga yang cukup juga harus diimbangi dengan pola makan yang teratur agar tubuh tetap bugar setelah Hari Raya,” tambah dr. Elsye.

Selain olahraga yang konsisten dan mengonsumsi nutrisi seimbang, upaya preventif juga bisa dilakukan dengan menyiapkan obat dan multivitamin agar kita bisa menjalankan puasa anti lemas dan tetap fit. Halodoc hadir dan selalu siap memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat setiap saat, layaknya kotak P3K’ yang bisa dibawa kemana dan kapan pun. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER