Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Semakin Naik Daun, Zipmex Membagikan Tips Berinvestasi di Kripto

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pasar kripto berkembang cepat dan pesat di Indonesia. Sebagian masyarakat mulai melirik aset kripto sebagai instrumen untuk melakukan diversifikasi portofolio investasi mereka.

Bitcoin misalnya, kendati dinilai sebagai salah satu jenis aset yang volatil karena perubahan harg dapat berlangsung dengan cepat dalam waktu singkat, aset ini justru kini digadang-gadang sebagai “emas digital”. Bitcoin dinilai menarik untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Akibatnya, banyak orang terjebak dalam ketergesaan. Mereka tidak mempelajari secara mendetail mengenai koin yang ingin dibeli dan kegunaannya dan menjadi cemas mengamati perkembangan pasar

Zipmex membagikan tips untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi kripto dari dasar.

  1. – Mulai dari nominal kecil

Di Zipmex misalnya, Anda bisa mulai berinvestasi hanya dengan modal Rp 50.000. Salah satu hal penting yang sering terlupakan adalah menyesuaikan nominal investasi dengan kondisi keuangan.

Gunakan uang dingin atau dana yang dialokasikan untuk investasi, bukan kebutuhan atau keperluan mendesak. Siapkan rencana investasi dengan matang dan alokasikan sumber dana dengan baik dan bijak. Sehingga kondisi keuangan tetap stabil pada saat itu dan setelahnya. 

  1. – Cari tahu dan pelajari ilmu dasar kripto

Kebanyakan orang mengalami Fear of Missing Out (FOMO). Dan mulai berinvestasi di aset kripto tanpa persiapan dan hanya sekadar ikut-ikutan. Untuk meminimalisir hal ini, pastikan Anda melakukan riset melalui sumber-sumber terpercaya sebelum mulai berinvestasi.

Riset merupakan hal yang sangat penting dan fundamental untuk dilakukan. Lakukan pemeriksaan latar belakang terhadap aset dan platform yang akan digunakan. Jangan lupa juga untuk mempelajari perkembangan dunia agar dapat meminimalisir kerugian. Mempelajari kripto bisa dimulai dari hal sederhana, dimulai dari pengenalan akan istilah, jenis-jenis token yang diperjualbelikan, mengenal risikonya, hingga cara mendapatkan keuntungan.

  1. – Siapkan strategi yang matang 

Jangan mudah tergiur dengan koin baru yang memiliki harga fantastis. Pastikan bahwa platform exchange atau crypto wallet yang dipilih sudah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti).

  1. – Investasi di lebih dari satu koin

Istilah “Don’t put your eggs in one basket” tentunya sudah bukan lagi barang baru di dunia investasi. Istilah tersebut merupakan saran untuk tidak menginvestasikan uang yang kita miliki hanya ke dalam satu koin saja. Sebaliknya, untuk meminimalisasi kerugian, Anda bisa membagi dana yang Anda miliki ke dalam beberapa koin atau dikenal sebagai diversifikasi.

  1. – Cari tahu Top Gainer dan Top Loser

Top gainer adalah koin yang mengalami peningkatan harga paling tinggi dan terjadi dalam satu hari perdagangan, sedangkan top loser adalah koin yang mengalami penurunan harga paling tinggi pada hari tersebut.

Bagi investor, informasi mengenai koin top gainer dan top loser merupakan hal penting. Dapat memberikan pandangan mengenai koin yang sedang memiliki tren positif ataupun negatif, serta kondisi pasar secara keseluruhan.

Head of Growth Zipmex Indonesia, Siska Lestari mengatakan, tren berinvestasi di kripto saat ini sedang naik. Namun, sebelum memulai berinvestasi sebaiknya kita memahami terlebih dahulu hal-hal dasar dari kripto dan apa saja yang perlu dihindari.

Sebisa mungkin hindari hal-hal seperti membeli koin karena hanya harga murah, ingin uang instan, dan salah dalam memilih platform untuk berinvestasi kripto. Pastikan platform exchange yang Anda pilih sudah terdaftar dan diawasi Bappebti dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Zipmex memiliki tampilan antarmuka yang sangat beginner friendly, jadi cocok digunakan untuk pengguna yang baru mulai berinvestasi di kripto. Selain itu, Zipmex juga mementingkan verifikasi akun, yang kita lakukan demi keamanan berinvestasi,” kata Siska, belum lama ino.

Sebagai bagian dari kampanye Crypto Revolution, Zipmex menawarkan promosi khusus bagi para pengguna baru yang berupa cashback senilai Rp 50.000 dalam bentuk bitcoin. Untuk mendapatkan cashback ini pengguna harus mendaftar menggunakan kode referral dari Zipmex REVOLUTION dan melakukan  deposit  minimum senilai Rp50.000 dalam satu kali transaksi. 

Saat ini, Zipmex juga sedang mempunyai penawaran bulanan menarik yaitu “Celengan Akhir Bulan. Anda bisa mendapatkan bonus dari Zipmex hingga Rp400.000 dengan mengunci aset Anda di Ziplock. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER