Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Andalkan Jaringan Internasional, Bank BNI Mendukung Diaspora Berkembang

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI terus mendukung  pemerintah mengeksplorasi setiap peluang untuk bisnis perdagangan internasional. Sebagai mitra perbankan global, BNI menetapkan 5 target segmen untuk bisnis internasionalnya, salah satunya adalah diaspora. 

Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan mengatakan selain diaspora, segmen lain yang menjadi target BNI untuk bisnis internasional adalah UMKM, komersial, korporasi & anak perusahaan Indonesia, perusahaan multinansional global & regional, serta financial institution & investor. 

“BNI melalui jaringan international dan kantor cabang BNI di luar negeri melakukan upaya-upaya strategis agar koneksi perdagangan international dapat terwujud melalui penyediaan produk-produk dan layanan baik banking maupun beyond banking,” kata Henry, Senin (18/4). . 

Sepanjang 2021 BNI telah menyalurkan kredit sebesar Rp2,49 triliun melalui program Xpora. BNI terus berupaya mendorong perusahaan-perusahaan dan UMKM menjual produk yang mereka miliki ke luar negeri.

Melalui Xpora, BNI akan membantu UMKM dan eksportir memperluas pasar di luar negeri. Keberadaan kantor cabang luar negeri BNI dioptimalkan untuk mencari buyer terutama dari diaspora Indonesia yang ada di negara masing-masing. 

Kemudian BNI secara reguler pertemukan antara eksportir dan importir tersebut melalui suatu business matching. Tentunya keberadaan BNI akan menambah keyakinan kedua belah pihak untuk merealisasikan transaksi. 

“Khusus di Hong Kong, model bisnis ini sudah berjalan dengan cukup baik. Dan sudah banyak deal-deal yang terjadi antara debitur di KCLN Hong Kong selaku importir yang membeli produk dari nasabah binaan BNI di dalam negeri,” kata Henry. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER