Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perjakbi dan BUMN Siap Kolaborasi Optimalisasi Coworking Space untuk Tingkatkan Jumlah Pengusaha

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pertumbuhan bisnis virtual office dan coworking space dari tahun ke tahun terus meningkat. Semakin membesarnya bisnis ini, banyak hal yang menjadi perhatian bersama, hingga peluang yang begitu besar.

Ketua Perhimpunan Pengusaha Jasa Kantor Bersama Indonesia (Perjakbi) alias Indonesia Workspace & Digital Startup Accelerator Association, Anthony Leong menjelaskan, saat ini perlunya peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN)bisa menjadi inkubator untuk bersama membangun ekosistem yang bisa membantu para UMKM dan pengusaha pemula.

Menurutnya, Indonesia harus menargetkan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4% pada tahun 2024. Dan ke depan rasio jumlah pengusaha harus 12%-14% untuk menjadi negara maju.

Hal ini perlu kita dorong dengan saling sinergi kolaborasi pemerintah dan swasta. Karena saat ini kita perlu adanya fokus bukan hanya satu pihak saja.

“Semua pihak yang terkait untuk bisa mengoptimalkan ekosistem bisnis dalam pemanfaatan ruang kerja workspace dan hadirkan ekosistem yang baik,” ujar Anthony, dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Perjakbi berusaha menjembatani BUMN agar UMKM dan pengusaha pemula untuk bisa mengoptimalkan ruangan atau gedung yang saat ini belum difungsikan.

“Kami terbuka mengajak semua pihak untuk saling bersinergi terutama pemerintah melalui BUMN, dan juga BUMD yang memiliki aset berupa tempat atau gedung yang belum difungsikan secara optimal. Agar bisa membuka ruang melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Strategi hulu-hilir perlu dihadirkan dalam integrated digital strategy dan business solution,” ucap Ketua HIPMI Digital itu.

Banyaknya pengusaha pemula yang bingung untuk membayar sewa kantor yang sangat tinggi. Di sinilah peran semua pihak melalui pemerintah untuk bisa memberi ruang untuk memulai di dunia Usaha. Nantinya akan berdampak pada meningkatnya pengusaha baru untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Perjakbi mengajak BUMN membangun center of entrepreneurship / Indonesia Entrepreneur Hub bersama BUMN karena pentingnya virtual office dan coworking space dapat menjadi solusi dalam mendongkrak industri startup dan UMKM untuk menjawab solusi jumlah pengusaha di Indonesia,” ujar Anthony. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER