Musim Lebaran, XL Axiata Prediksi, Terjadi Kenaikan Trafik Antara 10%-30%

Group Head Service Operation Management XL Axiata, Waqas Malik, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dan Huawei Account Director untuk XL Axiata , Catherine Guan dalam acara kunjungan ke ruang monitoring Customer Experiece and Service Operation Center XL Axiata di Jakarta, Minggu (1/5).
Group Head Service Operation Management XL Axiata, Waqas Malik, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dan Huawei Account Director untuk XL Axiata , Catherine Guan dalam acara kunjungan ke ruang monitoring Customer Experiece and Service Operation Center XL Axiata di Jakarta, Minggu (1/5).

FinTechnesia.com | XL Axiata memastikan jaringannya siap menghadapi liburan panjang Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Selain kapasitas jaringan ditingkatkan sebesar dua kali dibanding hari normal, XL Axiata juga telah menyiapkan tim jaringan.

Tim itu di pusat monitoring Customer Experience and Service Operation Center (CESOC) di XL Axiata Tower maupun di lapangan. Mereka akan berjaga selama 24 jam sehari hingga masa liburan berakhir. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, sebanyak lebih dari 50 unit mobile base transceiver station (BTS) dikerahkan untuk memperkuat jaringan di sejumlah titik krusial. Penguatan jaringan menjadi fokus kami, mengingat potensi terjadinya lonjakan trafik melebihi hari normal.

“Terutama di sepanjang jalur transportasi utama dan area-area tujuan wisata. Serta di pusat-pusat keramaian seperti terminal, stasiun, bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hingga tempat nongkrong populer. Kami memperkirakan kenaikan trafik bisa mencapai 10%-30% dibanding hari normal,” kata Gede, Ahad (1/5).

Gede menambahkan, eforia masyarakat untuk bisa merayakan Lebaran di kampung halaman tahun ini akan sangat memengaruhi kenaikan trafik penggunaan layanan data dan telekomunikasi. Apalagi setelah dua kali lebaran, pandemi menghalangi masyarakat untuk mudik.

Baca Juga: XL Axiata Prediksi, Trafik Naik 10% di Ramadan dan 15% di Musim Lebaran

Beberapa ruas tol baru kini bisa dilalui untuk mudik, demikian juga muncul banyak destinasi wisata baru. Belum lagi, berita di media massa maupun informasi di medsos seputar mudik, akan semakin memicu masyarakat untuk mudik atau setidaknya ikut berlibur. 

Meskipun Jawa menjadi fokus utama penguatan jaringan, wilayah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok juga mendapatkan perhatian XL Axiata. Apalagi, jalur transportasi darat di Sumatera juga semakin baik dengan keberadaan beberapa ruas tol baru yang memudahkan arus mudik ke berbagai provinsi.

Saat ini XL Axiata melayani lebih dari 57,9 juta pelanggan. Diperkuat lebih dari 162.000 BTS, termasuk lebih dari 77.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lain. Langkah untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya penggunaan masyarakat terhadap layanan telekomunikasi. Termasuk layanan data. (jun)