Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Saat Libur Lebaran, Indosat Ooredoo Hutchison Catat Peningkatan Trafik Data 13%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Indosat Ooredoo Hutchison berhasil mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan selama libur Lebaran 2022. Pada musim liburan kali ini, emiten berkode saham ISAT itu mencatat pertumbuhan trafik data harian tertinggi. Yakni 27% pada 29 April 2022 dibandingkan periode sama tahun laln.

Sekitar 97% di antaranya dapat terlayani di jaringan 4G.  Sementara layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi.

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, Lebaran ini menjadi momentum mempercepat proses integrasi jaringan. “Kami senang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik selama masa libur Lebaran. Meskipun terjadi lonjakan trafik data yang tinggi.” kata Vikram, Jumat (6/5).

Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13% di libur Lebaran dibandingkan hari normal tahun ini. 

Operator ini berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa. Seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi. 

Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa. Di antaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

Pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi melalui penerapan model operasi digital berbasis artificial intelligence atau machine learning (AI/ML). Dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun 2020 lalu. 

Pemakaian layanan mobile gaming meningkat 25%, media sosial naik 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan hari normal dan Lebaran tahun lalu.

YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini. Termasuk pemakaian aplikasi permainan daring, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Pelanggan juga turut berpartisipasi dalam program THR (Tri Hujan Rejeki) yang ada di aplikasi bima+ dan program RAMAH (Ramadan Penuh Berkah) di aplikasi myIM3. Tercatat trafik pengakses aplikasi tersebut naik sekitar 34% di sepanjang Ramadan dibandingkan hari normal tahun ini. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER