Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Penggunaan Layanan Data XL Axiata di Lebaran 2022 Meningkat 33% 

BACA JUGA




Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 48% dibanding hari normal.

Sementara itu, untuk layanan telekomunikasi SMS naik 6%. Sementara voice menurun 3%. Pengganti layanan voice, yaitu VoLTE mengalami kenaikan signifikan hingga 13% dibandingkan hari normal. 

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan data tertinggi berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 23%. Lalu Jawa Timur 24%, dan Jawa Barat 20%. 

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan data di wilayah Sumatera Bagian Utara secara rata-rata trafik data naik sebesar 21%, Sumatera Bagian Selatan 17%, Kalimantan 17%, Sulawesi 14%, Bali-Lombok-Sumbawa 19%.

Dari area kota/kabupaten, secara nasional, lima kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kab. Sampang naik sebesar 41%, Kab. Bangkalan naik sebesar 39%, Kab. Lombok Tengah naik sebesar 35%, Kab. Brebes naik sebesar 33%, dan Kab. Purwakarta naik sebesar 25%.

Data menarik seputar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran juga terjadi pada layanan kovergensi XL Home/XL SATU Fiber. Secara nasional terjadi penurunan trafik sebesar 4% dibandingkan hari biasa atau naik sebesar 20% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Kenaikan trafik XL Home ini tidak terlepas dari terus meningkatnya jumlah pelanggan secara nasional dalam periode setahun terakhir sebesar sekitar 19%. Saat ini total jumlah pelanggan XL Home mencapai lebih dari 100.000 dengan cakupan lebih dari 658.000 home-passed. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER