Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kaspersky Membeberkan Lima Kemampuan VPN

BACA JUGA




FinTechnesia.com | VPN adalah alat serbaguna sebagai asisten untuk melindungi data pribadi saat melakukan tugas sehari-hari secara online. Selain tugas standar seperti menjelajahi internet, ada beberapa kegunaan unik lain yang dimiliki VPN.

VPN menyembunyikan lokasi pengguna dan mengubah alamat IP mereka ke negara tempat server ditempatkan. Situs kemudian memberikan kesan, pengguna secara fisik berada di negara yang dipilih.

Dan memungkinkan mereka menggunakan internet seolah-olah mereka adalah penduduk wilayah tersebut.

Survei memperkirakan, pasar VPN bernilai US$ 35,4 miliar pada tahun 2020. Peningkatan popularitas VPN ini tidak hanya karena pertumbuhan sistem kerja dari rumah yang disebabkan pandemi.

Juga karena peningkatan kesadaran digital selama beberapa tahun terakhir, mendorong pengguna ingin mengetahui lebih banyak mengenai transparansi akan bagaimana dan di mana data mereka disimpan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, para peneliti memperkirakan, pasar VPN senilai US$ 107,6 Miliar pada tahun 2027.

Berikut lima kapabilitas unik dari VPNdi era digital menurut Kaspersky.

  • Penggunaan layanan kencan online secara aman

Jutaan orang menggunakan aplikasi kencan online atau situs jejaring sosial untuk menemukan pasangan. Namun, ini menarik para scammers untuk mengincar platform layanan kencan. mereka mengetahui bahwa orang-orang di platform ini mencari koneksi pribadi dan dapat dimanfaatkan. Menurut studi Kaspersky “Love in an algorithmic age,” 5% responden menjadi sasaran penjahat dunia maya, dan 31% telah dihubungi oleh penipu tetapi untungnya berhasil menghindari serangan.

Oleh karena itu, privasi data tetap menjadi salah satu perhatian utama bagi pengguna aplikasi kencan. Menurut studi Kaspersky dan Survei Risiko Keamanan TI Konsumen Kaspersky 2021, 29% pengguna layanan kencan menggunakan VPN di ponsel cerdas mereka.

Misalnya, salah satu manfaat VPN terkait privasi yang berharga adalah menyembunyikan informasi lokasi sesungguhnya dari seseorang yang baru dikenal. Namun, pengguna tetap harus berhati-hati untuk memastikan aplikasi tidak menggunakan lokasi GPS perangkat mereka.

VPN juga dapat berfungsi sebagai lapisan perlindungan tambahan untuk teks, obrolan, dan data pribadi dari akses yang tidak sah. Ini penting bagi pengguna yang mungkin ingin berbagi pesan atau informasi dengan match  mereka.

  • Lindungi data bisnis Anda dari mana saja di dunia

Bekerja dari rumah menjadi hal sangat umum sejak dimulainya pandemi dua tahun lalu. Menurut survei Owl Labs tentang kerja jarak jauh, hampir 70% karyawan full-time bekerja dari rumah selama pandemi. Dengan 81% dari mereka yang disurvei percaya. manajeria mereka akan terus mendukung sistem kerja jarak jauh ketika COVID-19 berakhir.

Tapi sistem ini juga disertai dengan beberapa risiko keamanan siber. Semakin banyak karyawan yang bekerja di server perusahaan atau dengan informasi sensitif di jaringan rumah mereka, kebutuhan untuk melindungi data perusahaan juga meningkat.

Saat bekerja dari rumah, VPN adalah alat penting untuk membantu melindungi privasi dan keamanan online bisnis Anda. VPN mengamankan lalu lintas data dan titik akhir Anda dengan enkripsi AES-256. Ini berarti Anda dapat memastikan data online Anda, termasuk catatan pelanggan dan data keuangan, tidak terlacak dan tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang.

  • Akses super cepat di mana pun Anda berada

ISP (Penyedia Jasa Internet) terkadang dapat membatasi akses ke berbagai layanan, situs web, game, dan portal lain. Sehingga menyebabkan situs yang sama dimuat dengan kecepatan berbeda di negara berbeda. Anda dapat menggunakan VPN untuk menghindari masalah ini hanya dengan mengubah geografi server.

Ini memungkinkan Anda menghapus batasan pada situs pemuatan dan menghindari pengaturan kecepatan lalu lintas. Sehingga Anda dapat menggunakan layanan ini tanpa kehilangan kecepatan.

Ini bisa sangat berguna bagi para gamer yang perlu mengakses game dari berbagai negara tanpa kehilangan kecepatan lalu lintas. VPN mengurangi latensi dan waktu ping dengan beralih ke server yang cocok dengan lokasi layanan game.

  • Memperoleh hasil lokal saat melakukan permintaan penelusuran

Mesin pencari menyaring dan menyusun kueri berdasarkan lokasi. Berarti situs dan portal lokal yang berisi informasi tentang permintaan Anda akan ditempatkan di bagian atas daftar.

Oleh karena itu, jika Anda mengunjungi negara asing dan ingin menemukan rekomendasi terbaik untuk tempat-tempat menarik dan atraksi sebelum berpergian, ada baiknya menggunakan VPN untuk terhubung ke server di wilayah pilihan Anda. Ini akan memungkinkan Anda menjelajahi pencarian berdasarkan peringkat lokal, serta mendapatkan rekomendasi yang lebih disesuaikan.

  • Streaming konten dari seluruh dunia

Selain mengatasi masalah kecepatan akses ke layanan yang berbeda, VPN juga memungkinkan pengguna memperluas geografi konten yang tersedia di platform streaming. Beberapa layanan streaming melokalkannya tergantung pada wilayah. Berarti pengguna dari berbagai negara, yaitu Jepang dan Amerika Serikat (AS) akan melihat berbagai koleksi dan serial yang berbeda.

“Beberapa tahun terakhir, VPN telah menjadi asisten yang andal untuk penggunaan sehari-hari, membantu melindungi dan menjaga keamanan data Anda,” terang Sandra Lee, Managing Director untuk Asia Pasifik, di Kaspersky, belum lama ini. (ari)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER