Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dua Satelit Pleiades Neo Airbus Siap Mengorbit

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dua satelit terakhir dari konstelasi Pléiades Neo Airbus lolos uji coba tahap akhir di clean room di Toulouse. Dan rencananya akan meluncur ke orbit akhir tahun ini.

Menyusul proses integrasi paralel dari satelit Pléiades Neo 5 dan 6, dan setelah rangkaian tes lingkungan (vakum thermal, akustik, getaran) berhasil dilalui.. Kedua satelit terakhir ini telah siap untuk menyempurnakan konstelasi Pléiades Neo.

Kedua satelit rencananya akan meluncur secara bersamaan menggunakan launcher Eropa Vega C dari Kourou di Guyana Prancis. Untuk mewujudkan peluncuran ganda ini, insinyur antariksa Airbus membuat desain yang cerdas dan efisien tanpa dispenser, di mana kedua satelit akan ditumpuk di atas satu sama lain, dan dihubungkan hanya dengan pita penjepit.

Konfigurasi peluncuran yang ringkas dan tanpa dispenser ini dapat menghemat volume dan massa. Serta memangkas biaya peluncuran.

Menguji kedua satelit secara bersamaan dengan konfigurasi tumpuknya menghemat banyak waktu. Hanya butuh waktu empat hari untuk lolos pengujian sinus tiga sumbu dan uji akustik.

“Dengan desain tanpa dispenser yang baru dan berani ini, kami dapat mengintegrasi dan menguji dua satelit ini dengan mulus. Memastikan konfigurasi peluncuran yang optimal, dalam satu peluncuran saja, Kami dapat menggandakan kapasitas akuisisi dari konstelasi Pléiades Neo, serta menawarkan daya tanggap yang lebih baik ke konsumen kami,” ujar Philippe Pham, Head of Earth Observation and Science Airbus, Kamis (19/5). (ari)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER