Jumat, 1 Juli 2022 | 21:21 WIB

Pemerintah Tawarkan SBR 011, Bisa Beli di Moduit

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Lebaran usai, sebagian besar di antara kita mungkin sudah membelanjakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keperluan Idul Fitri lalu.

Bila masih ada sisa dana, ada baiknya tidak lagi digunakan untuk konsumtif. Namun diinvestasikan demi perencanaan masa depan.

Pasca Lebaran ini ini pemerintah kembali menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) jenis Saving Bond Ritel (SBR) SBR011.

Masa penawaran SBR011 mempunyai rentang waktu periode 25 Mei – 16 Juni 2022. Dan mempunyai jangka waktu investasi selama dua tahun. Bagi WNI yang berminat berinvestasi di SBR011, bisa mendapatkannya melalui agen penjual yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan.

Surat utang ini merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh Pemerintah. Tujuannya untuk menggalang dana masyarakat dalam pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menariknya lagi, SBR memiliki kupon yang mengambang dengan kupon minimal (floating with floor). Dan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate.

Contohnya pada SBR10 yang diterbitkan Pemerintah pada Juli 2021 dengan kupon minimal 5,1% per tahun untuk tiga bulan pertama setelah penerbitan.

Penetapan kupon tersebut mengacu pada suku bunga acuan BI saat itu sebesar 3,5% ditambah 160 bps. Setelah tiga bulan, bila suku bunga acuan naik ke angka 4% maka kupon SBR bisa menjadi 5,6% per tahun. 

Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhi Purwanto mengatakan, ketentuan floating with floor membuat investasi yang ditanam akan terlindungi dari kenaikan inflasi. Sehingga dapat dipastikan nilai investasi tidak tergerus. Malah akan terus naik, terlebih mencermati tren kenaikan suku bunga acuan.

“Di sinilah letak menariknya SBR11. Tren kenaikan suku bunga acuan membuka peluang kupon SBR11 bakal lebih tinggi dibanding kupon ORI021 sebesar 4,9%. Dan kupon SR016 sebesar 4,95% yang sebelumnya diterbitkan pemerintah,” urai Manuel.

Moduit mengajak masyarakat untuk berinvestasi pada instrument SBR011 melalui Moduit. (ari)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER