Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:15 WIB

XL Axiata Dukung Madrasah Aliyah Bangun Solusi IoT

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Para siswa Madrasah Aliyah (MA) dari berbagai daerah di Indonesia unjuk kreativitas dan kemampuan membangun solusi digital berbasis internet of things (IoT) dalam grand final Akademi Madrasah Digital (AMD) 2021.

Solusi digital yang mereka bangun beragam. Mulaimendukung pertanian dalam ruangan, mengurangi bau di kandang ayam dan mengkonversi limbah tahu menjadi listrik, hingga mempermudah penyaluran zakat.

Dari 10 karya solusi berbasis IoT yang ditetapkan sebagai 10 Besar Pemenang, semuanya berangkat dari ide yang unik. Dan mencoba menjawab persoalan yang dihadapai oleh masyarakat di sekitar para peserta.

Direktur Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kementerian Agama, Moh. Isom Yusqi berharap, akan lahir para inventor dan penemu teknologi masa depan yang hebat dari madrasah. Sehingga mampu mengembangkan prototype solusi digital yang sudah dirancang untuk diproduksi secara masif.

“Dari kegiatan grand final ini semoga dapat memotivasi anak-anak madrasah untuk bisa terus berprestasi,” kata Isom, Rabu (31/5).

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto berharap, ide-ide solusi dari para peserta yangsangat beragam dapat diterapkan lebih lanjut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kompetisi ini membuktikan, anak madrasah dapat berkontribusi menciptakan solusi-solusi digital yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Feby.

Sebelumnya, ada 20 tim MA yang lolos dan terpilih mengikuti pelatihan intensif secara virtual, baik softskill maupun hardskill. Mereka didampingi  tenaga pelatih profesional dari dunia industri selama delapan bulan penuh sejak awal Oktober 2021. Setelah itu, dilakukan seleksi kembali hingga terpilih 10 tim terbaik untuk mengikuti babak grand final.

Pertama kali diperkenalkan pada 2020, AMD diimplementasikan dalam bentuk pelatihan dunia digital bagi siswa Madrasah Aliyah di seluruh Indonesia. Khususnya terkait IoT.

Pelatihan ini diselenggarakan secara intensif melalui kegiatan online dengan didukung oleh tim X-Camp dari XL Axiata. Program yang telah masuk tahun kedua ini dirancang untuk menyiapkan generasi muda dari berbagai madrasah di Indonesia untuk lebih siap menghadapi era revolusi industri 4.0, khususnya di IoT, marketingbig data, komunikasi, serta kewirausahaan. (ari)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER