Jumat, 1 Juli 2022 | 20:41 WIB

GoTo Mendorong Empat Pilar Strategi Bisnis untuk Mendorong Pertumbuhan

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo) pada Kamis (10/6) menyelenggarakan paparan publik tahunan. Ajang ini untuk memaparkan strategi dan prioritas bisnis.

GoTo mengklaim, fokus pada Indonesia, pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan, percepatan langkah menuju profitabilitas, serta rencana memperdalam sinergi ekosistem.

Group CEO GoTo, Andre Soelistyo menyampaikan, dalam setiap inovasi dan kegiatan bisnis, pihaknya ber tiga hal penting. Yaitu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan, mempercepat profitabilitas perusahaan, serta memperkuat sinergi antar-platform di dalam ekosistem GoTo.

“Perjalanan GoTo baru berlangsung satu tahun. “Kami akan terus mengoptimalkan keunggulan bersaing (competitive advantage) kami untuk mendorong kemajuan dan membawa dampak positif  bagi seluruh lapisan masyarakat,” terang Andre, Kamis (10/6).

Direksi dan manajemen GoTo menekankan empat area sinergi. Inimenjadi fokus serta landasan dalam mengembangkan bisnis ke depan. Yaitu meningkatkan cross-selling antar platform dan nemaksimalkan strategi hyperlocal pada layanan logistik dan pemenuhan (fulfilment).

Baca juga: GOTO Catat Kenaikan Pendapatan Bruto 53% Menjadi Rp 5,2 Triliun, Tapi Rugi EBITDA Disesuaikan Dalam Laporan Keuangan Proforma Meningkat

Kemudian mengintegrasikan layanan fintech antar platform secara lebih dalam. Terakhir meningkatkan layanan value-added (nilai tambah) untuk memberi manfaat lebih bagi mitra driver dan merchant.

Dari sisi kinerja, pertumbuhan pendapatan bruto kuartal I 2022 mencapai 53% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-on-year). Lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nilai transaksi bruto (gross transaction value atau GTV) sebesar 46% year-on-year.

Peningkatan efisiensi operasional. Tercermin dari meningkatnya margin kontribusi dan margin EBITDA yang disesuaikan di kuartal I 2022. Masing-masing 24 poin persentase dan 14 poin persentase dibandingkan dengan kuartal IV 2021.

Pertumbuhan pada seluruh lini bisnis GoTo, termasuk di antaranya pertumbuhan pendapatan bruto untuk segmen on-demand sebesar 58% pada kuartal I 2022. Pertumbuhan pendapatan bruto untuk segmen e-commerce sebesar 53% pada kuartal I 2022 Dan tercatatnya pengguna dan GTV paling tinggi untuk sektor financial technology.

Fokus Perusahaan pada sinergi ekosistem, mencakup di antaranya integrasi GoPay dan produk pembiayaan konsumen ke platform Tokopedia. Lalu peluncuran sistem poin penghargaan tunggal GoPay Coins. Dan peningkatan pengalaman hyperlocal dengan mengintegrasikan Tokopedia dengan armada logistik on-demand Gojek. (nin)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER