Jumat, 1 Juli 2022 | 20:33 WIB

Airbus Siap Meluncurkan Satelit MEASAT, Ini Kemampuannya

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Satelit telekomunikasi MEASAT-3d buatan Airbus telah siap di Kourou, Guyana Prancis. Persiapan itu untuk peluncuran dengan roket Ariane 5 pada 22 Juni 2022.

MEASAT-3d adalah satelit E3000 ke-57 buatan Airbus. Dan akan ditempatkan pada slot orbit 91,5°E, berdampingan dengan MEASAT-3b yang juga dibuat oleh Airbus.

Satelit baru ini akan menyediakan kecepatan telekomunikasi pita lebar (broadband) yang signifikan hingga 100 Mbps di seluruh wilayah Malaysia yang punya keterbatasan konektivitas darat (terestrial) atau wilayah yang tidak punya konektivitas sama sekali. Satelit ini juga berperan sebagai redundancy dan penyedia kapasitas tambahan untuk transmisi video resolusi HD, 4K, hingga 8K di wilayah Asia-Pasifik.

Francois Gaullier, Head of Telecom Satellites Airbus mengatakan, MEASAT-3d dibuat berlandaskan platform satelit Eurostar yang telah terbukti keandalannya. Jika menghitung satelit seri E3000 yang 58 unitnya telah mengorbit, platform ini telah sukses mengakumulasikan hingga 1.000 tahun jam terbang.

“MEASAT adalah pelanggan penting untuk kami. Dan kami menantikan wahana antariksa canggih ini berkontribusi pada kesuksesan bisnis mereka di masa depan,” kata Francois, Selasa (14/6).

Dipersiapkan untuk masa operasi selama lebih dari 19 tahun, MEASAT-3d didesain untuk memiliki tenaga listrik sebesar 12 kW di akhir siklus operasinya. (ari)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER