Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Astra Ikut Mengucurkan Pendanaan Seri A ke Mapan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mapan berhasil menggaet pendanaan seri-A sebesar US$ 15 juta Rp 222,8 miliar. Putaran pendanaan kali ini dipimpin oleh Patamar Capital dan PT Astra Digital Internasional, anak perusahaan PT Astra International Tbk (Astra).

Dengan partisipasi dari perusahaan kenamaan di Indonesia. Seperti BRI Ventures, SMDV, Blibli, Prasetia Dwidharma, dan perusahaan ventura global, Flourish Ventures dan 500 Global.

Startup yang memiliki fokus untuk menyediakan akses layanan keuangan untuk komunitas masyarakat menengah-kebawah tersebut akan menggunakan investasi ini untuk mengembangkan layanan arisan digital mereka. Yakno melalui perluasan jangkauan produk dan bermitra dengan supplier terbaik. 

Arisan, yakni aktivitas berkumpul dan bersama-sama membeli barang secara bergiliran, sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Mapan melakukan digitalisasi arisan dan menghubungkannya dengan penyedia produk dan jasa. Sehingga menjadi lebih terjangkau untuk masyarakat. 

Mapan akan memperkenalkan berbagai macam skema arisan dan layanan lain serta memperluas jangkauan pasar. Dengan target membuat layanan Mapan dapat diakses oleh 10 juta keluarga Indonesia di tahun 2026 melalui bantuan Mitra Usaha Mapan. 

Target pengguna tersebut sejalan dengan tujuan inklusi finansial di Indonesia. Mapan juga berencana memperkenalkan berbagai produk penunjang akses finansial lainnya serta meningkatkan akses masyarakat kepada sumber pembiayaan.

Sejak tahun 2015 aplikasi Mapan telah mendigitalisasi kegiatan arisan yang biasanya dilakukan secara tradisional. Yakni perkumpulan perempuan untuk menabung bersama-sama. 

Hingga saat ini aplikasi Mapan telah membantu memberdayakan dan menyediakan pembiayaan pembelian barang kepada 3 juta keluarga di Indonesia. Mapan juga berfokus merekrut perempuan dan influencer untuk menjadi Mitra Usaha Mapan. 

Di Indonesia, perempuan berperan penting dalam mengelola keuangan keluarga termasuk mengelola arisan sebagai salah satu bentuk tabungan dan pengelolaan keuangan yang sudah dikenal lama di budaya masyarakat Indonesia. 

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan mereka agar kami dapat terus mengembangkan solusi-solusi keuangan secara luas.” kata Ardelia Apti, CEO Mapan, Rabu (29/6).

Berdiri pada tahun 2009, Mapan memiliki misi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan menghilangkan hambatan pada akses finansial bagi seluruh lapisan masyarakat. Kelompok ekonomi menengah kebawah dapat memanfaatkan produk Arisan Mapan untuk meningkatkan daya beli rumah tangga untuk barang-barang seperti peralatan dapur, elektronik dan furnitur. 

Mapan kini juga menyediakan produk dan layanan lain. Seperti aplikasi pembayaran tagihan, Mapan Pulsa dan Mapan Mart, yakni platform resale barang-barang konsumen.

Gidion Hasan, Direktur Astra mengatakan, Astra berkeinginan untuk berkontribusi dalam memajukan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dengan turut memajukan perekonomian digital Indonesia. 

“Kolaborasi dengan Mapan adalah salah satu wujud untuk memberikan sarana kepada masyarakat dari berbagai lapisan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” kata Gideon.

Mapan saat ini beroperasi di Jawa, Bali, Sumatera, Nusa Tenggara serta Sulawesi. Mapan juga memiliki rencana untuk berekspansi ke wilayah Indonesia lain. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER