Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Usia 13 Tahun, Tokopedia Bagikan Tren Setahun Terakhir

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tak terasa Tokopedia sudah menginjak usiia 13 tahun. CTO of Tokopedia, Herman Widjaja mengungkapkan, di HUT ke-13, perusahaan teknologi bagian dari Grup GoTo, terus berupaya menciptakan super ecosystem yang bisa mempermudah masyarakat memulai dan menemukan apapun.

Salah satunya lewat inisiatif hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-taggingu untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat. Tujuannya agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

“Jadi tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” jelas Herman, Kamis (18/8).

Contoh manifestasi hyperlocal, antara lain: Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula aplikasi Mitra Tokopedia untuk membantu pemilik warung menyetok barang dagangan dan berjualan produk digital. Seperti pulsa, token listrik, hingga pembayaran pajak, biaya pendidikan maupun BPJS. 

Selain itu, ada Tokopedia NOW! yang menyediakan produk harian dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Ada Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) di mana penjual bisa menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi. Dan Digitalisasi Pasar Tradisional yang bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah. 

External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz menyampaikan, pihakmnua mencatat berbagai temuan menarik berkat sejumlah inisiatif tersebut selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022).

“Salah satunya di ekosistem Mitra Tokopedia. Jumlah transaksi dan penjual yang bergabung masing-masing bertumbuh 1,5 kali lipat dan hampir 2 kali lipat,” kata Kiki- sapaan Rizky.

Tokopedia NOW! juga mengalami kenaikan jumlah transaksi sebanyak 2,5 kali lipat. Jumlah transaksi Dilayani Tokopedia juga meningkat lebih dari 3,5 kali lipat.

Di sisi lain, ada 10 pasar tradisional yang bergabung bersama Tokopedia dan akan terus bertambah.

Berikut beberapa kategori dan produk paling diminati dari masing-masing kategori:

Rumah TanggaMakminKesehatanElektronikFesyen
Benih/Bibit Tanaman Stop Kontak BateraiMinyak Buah Keripik
Vitamin Obat Herbal Masker MedisEarphone Bohlam Speaker
Kaos Pria Sandal Wanita Tas Selempang Wanita
Kategori dengan banyak peminat.

Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lainnya sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022.

  • Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi. Yakni Pasangkayu, Pakpak Bharat, Banggai Kepulauan, Teluk Bintuni dan Kepulauan Anambas;
  • Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi. Yakni Asmat, Halmahera, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng (rata-rata peningkatan 3,5 kali lipat);
  • Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi. Yaitu Jayawijaya, Konawe Utara, Waropen, Paniai dan Pegunungan Bintang (rata-rata peningkatan 9 kali lipat). (nin)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER