Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung Pengembangan Pemberdayaan Perempuan, Ini Langkah CEO XL Axiata

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyambangi sebuah workshop usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur. Pelaku UMKM tersebut anggota komunitas Sisternet yang juga pemenang program W20 Sispreneur.

Kunjungan ini untuk mendukung para pelaku UMKM perempuan. Sekaligus memperingati Hari UMKM yang jatuh pada 12 Agustus.

Dian menyatakan, XL Axiata sangat menghargai upaya keras para pelaku UMKM perempuan di seluruh Indonesia. Eksistensi dan keberadaan mereka ikut menopang perekonomian nasional selama masa pandemi.

“Kami berkomitmen mendukung pemerintah dalam percepatan digitalisasi wirausaha yang inovatif bagi UMKM menuju pertumbuhan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19,” kata Dian, Jumat (19/8).

Shinta Paramarti, pelaku usaha yang disambangi CEO XL Axiata ini salah satu pemenang ajang W20 Sispreneur. Yakni program peningkatan kapasitas pelaku UMKM perempuan dengan dukungan dari Women20 (W20).

Shinta mengelola KainIndonesia.co yang menjalankan usaha di bidang fashion sejak akhir tahun 2020. Saat ini, KainIndonesia.co memiliki lima karyawan dengan omzet sekitar Rp 10 juta perbulan.

Baca juga: XL Axiata Gelar Festival Webinar Pintar Sisternet, Dukung Pengembangan UMKM Perempuan

Modal usaha dari hasil memenangi kompetisi W20 Sispreneur, untuk membeli mesin dan perangkat pendukung agar dapat meningkatkan usaha mereka. Sehingga bisa semakin lebih dikenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga hingga ke mancanegara.

“Saya mendapatkan ilmu-ilmu yang sangat mahal dari mentor-mentor yang luar biasa dari Sisternet. Tidak menyangka setelah melewati beberapa tahap, KainIndonesia.co bisa sampai di Top 10 dan mendapatkan hadiah modal serta kesempatan untuk ikut serta di Sispreneur,” ungkap Shinta.

W20 Sispreneur merupakan kolaborasi engagement group Women20 (W20) dan Sisternet dari XL Axiata. Program ini berhasil menjaring lebih dari 1.000 peserta.

Selanjutnya, 10 UMKM terbaik berhak mengikuti pameran produk pada acara puncak G20 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada Juli 2022 lalu.

Melalui program Sisternet, XL Axiata telah menjalankan program dukungan kepada UMKM perempuan sejak tahun 2015. Program ini dukungan dalam bentuk peningkatan literasi digital bagi pelaku UMKM perempuan untuk bisa beradaptasi dan meningkatkan pemasaran ke area yang lebih luas.

Program ini telah menggelar lebih dari 300 kali kelas literasi dengan total peserta hingga lebih dari 200.000 perempuan dari hampir semua wilayah Indonesia.

Hingga saat ini, lebih dari 55.000 UMKM milik perempuan yang mendapat dukungan dari XL Axiata. Dan sudah berhasil levelling up bisnis lebih dari 2.000 UMKM Perempuan melalui program Sispreneur. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER