Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tinggal Scan QR Code, Bisa Pakai Rupiah Transaksi di ASEAN

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) akhirnya mengimplementasi kerja sama pembayaran berbasis QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage) antara Indonesia dan Thailand. 

Kerja sama ini diawali dengan fase uji coba pada 17 Agustus 202. Kemudia berlanjut fase implementasi yang melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara. 

Melalui inisiatif ini, masyarakat di Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran dengan memindai Thai QR Codes  dan QRIS  (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam melakukan transaksi pembayaran di merchant. 

BI dan BoT juga menyepakati inisiasi kerja sama transfer antarnegara (cross border transfer) melalui fast payment. Kedua bank sentral akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait inisiatif tersebut. 

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan, inisiatifm mendorong digitalisasi pembayaran dan pembayaran lintas negara merupakan agenda prioritas Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022. 

Inisiatif tersebut bertujuan untuk menghubungkan pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code nasional antar kedua negara. Bagi Indonesia, inisiatif ini juga merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025. Diintegrasikan dengan kerangka kerja sama dalam mendorong penggunaan mata uang lokal. 

“Inisiatif ini memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna transaksi pembayaran lintas negara. Serta memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mempromosikan ekonomi digital dan inklusi keuangan, serta memperkuat stabilitas makroekonomi melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas,” kata Perry, Senin (29/8).

Baca juga: Kini Transaksi QRIS Lintas Negara Bisa dengan Malaysia, Tak Perlu Tukar Ringgit

Gubernur Bank Sentral Thailand, Sethaput Suthiwartnarueput, juga menyampaikan, kerja sama yang juga merupakan bagian dari ASEAN Payment Connectivity Initiative. <enunjukan komitmen bersama untuk meningkatkan efisiensi dan menciptakan pembayaran lintas negara yang semakin inklusif. 

QR cross border memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code secara instan, aman, dan efisien. Ke depan, kerja sama pembayaran lintas negara akan diintegrasikan dengan fast payment systems yang terdapat pada kedua negara, Indonesia’s BI-FAST dan Thailand’s PromptPay, yang telah memiliki lebih dari 70 juta pengguna. 

Konektivitas pembayaran menyediakan real-time cross border fund transfer untuk pekerja migran, ekspatriat, dan usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) dalam melakukan transfer lintas negara secara efisien. Melalui inisiatif tersebut, konektivitas pembayaran di ASEAN akan semakin inklusif kedepannya.

Selain itu BI dan Monetary Authority of Singapore (MAS) juga mengumumkan dimulainya inisiasi kerja sama pembayaran berbasis kode QR lintas negara (cross-border QR payment linkage) antara Indonesia dan Singapura/ 

Targetnya kerja sama diluncurkan pada paruh kedua tahun 2023. Dan memfasiltasi pengguna dalam melakukan pembayaran ritel secara instan, aman, dan efisien dengan memindai kode QRIS atau kode QR NETS yang ditampilkan oleh merchants.   

Arus kunjungan antar kedua negara tercatat 1,9 juta pengunjung dari Singapura ke Indonesia. Dan 3,1 juta pengunjung dari Indonesia ke Singapura.

Inisiatif linkage kode QR ini akan dilakukan melalui kolaborasi perwakilan industri kedua negara yang berada di bawah arahan bersama BI dan MAS. Termasuk Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto), dan NETS. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER