Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata dan Viamo Dukung Kementerian Kesehatan Hadirkan Layanan Informasi Kesehatan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata bersama Viamo Indonesia dan Kementerian Kesehatan meluncurkan layanan Tanya321. Dengan layanan ini, masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait, selama 24 jam sehari, lewat aplikasi WhatsApp.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan, XL Axiata menerapkan teknologi seluler untuk menyediakan layanan akses informasi kesehatan Tanya321 bagi masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi ini sekaligus menjadi wujud nyata upaya kami mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif. Dan dapat secara mudah diakses oleh pelanggan XL Axiata yang sebagian besar juga merupakan pengguna aktif Whatsapp,” kata Marwan, Jumat (26/8).

Pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai wadah dari penyebaran informasi sangat relevan. Di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp di tahun 2021. Masyarakat cukup menghubungi Tanya321 lewat WhatsApp di nomor 0819 – 0819 – 2 – 321 atau di link bit.ly/tanya321.

Melalui fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi. Tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin, masyarakat juga dapat mengakses informasi kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lain.

Baca juga: Ambilalih Saham PT Hipernet Indodata, XL Axiata Perkuat Posisi di Bisnis Layanan Korporasi

“Kami menghadirkan Tanya321, WhatsApp Chatbot yang berisi informasi vital yang dapat membantu masyarakat melindungi diri dan keluarganya. Juga bagaimana mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain seperti COVID-19 dan sebagainya.” ujar Patrick M Compau, Country Director Viamo Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan dr. Maria Endang Sumiwi mengatakan, kini sarana akses informasi Kemenkes memungkinkan menjangkau masyarakat Indonesia seluas mungkin. Peluncuran layanan Tanya321 ini searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan untuk memperkuat aktivitas promotif preventif.

“Salah satunya adalah dengan memberikan edukasi agar menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skrining kesehatan serta meningkatkan kapasitas layanan primer.”

Maria Endang juga mengungkapkan, Layanan Tanya321 hadir sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoax. Dengan menghadirkan informasi resmi seperti informasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Kolaborasi ini merupakan lanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 silam dengan meluncurkan layanan hotline 321. Seeluruh pelanggan XL Axiata dapat mengakses berbagai rangkaian berita harian dan informasi penting seperti kesehatan, pertanian, cuaca, dan banyak informasi lainnya dari semua tipe ponsel apapun Termasuk ponsel sederhana.

Lebih dari 430.000 penelpon telah mengakses layanan ini. Dan mendengarkan lebih dari 280 ribu pesan penting yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER