Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

PermataBank & Bangkok Bank Dukung Permudah Transaksi Lintas Negara Pakai Rupiah Melalui QR Pay

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PermataBank menghadirkan fitur QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X. Implementasi QRIS antar negara menjadi sebuah alat transaksi antar negara, terutama ASEAN agar lebih efisien.

Dengan begitu, transaksi UMKM dan dunia pariwisata anta negara menjadi lebih mudah. Dengan hadirnya alat transaksi terbaru ini, QRIS saat ini sudah dapat digunakan di Thailand.

Kini, masyarakat hanya memindai atau scan barcode untuk melakukan transaksi di Thailand. Mereka tidak perlu menggunakan uang atau valuta asing.

Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank mengatakan, sektor UMKM dan pariwisata masih menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Dengan hadirnya sistem pembayaran terbaru ini, nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat Sserta dalam jaringan yang lebih luas dan tak terbatas pada satu negara.

“PermataBank juga ingin mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi transaksi lintas negara di ASEAN melalui QR Pay Cross-Border serta mewujudkan ekosistem cashless society. Dengan semakin mudahnya akses transaksi lintas negara menggunakan QR code, hal ini membuka kesempatan bagi UMKM dan pariwisata Indonesia untuk menjangkau pasar global,” terang Meliza, Rabu (31/8).

Baca juga: Transaksi Antar Negara ASEAN Bisa Pakai Rupiah, Tinggal Scan QR Code

Partisipasi PermataBank dalam implementasi fitur QR Pay Cross-Border menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam optimalisasi inovasi teknologi untuk sistem pembayaran nasional.

Potensi transaksi pembayaran QR di Thailand sangat besat. Negeri Gajah Putin itu salah satu destinasi populer turis dari Indonesia. Selain itu, perkembangan layanan pembayaran QR di Thailand berkembang sangat pesat.

Berdasarkan data di tahun 2021, ada lebih dari 5 juta merchants di Thailand bisa menerima metode pembayaran QR. Dan hampir 80% dari masyarakat Thailand memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi atas metode pembayaran QR. Sebanyak 87% menyatakan metode ini lebih nyaman.

Sebelumnya, PermataBank telah mengikuti himbauan Bank Indonesia di tahun 2020 untuk menggunakan standar QRIS di PermataMobile X. Transaksi menggunakan QRIS juga menjadi salah satu cara pembayaran yang praktis dan menguntungkan bagi masyarakat,.

Perkembangan transaksi QR di PermataBank melalui aplikasi PermataMobile X terus meningkat pesat. Data per Juli 2022naik 418% year-on-year (yoy). Hal ini juga diikuti dengan meningkatnya volume transaksi QR via PermataMobile X sebesar 528% yoy. (ari)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER