Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bisa Pakai Rupiah Menggunakan DANA di Thailand

BACA JUGA




FinTechnesia.com |Salah satu agenda Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022 adalah standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara.

Selain sejalan dengan komitmen G20 untuk menciptakan standardisasi sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif. Bank Indonesia (BI) akan terus menambah akses interkoneksi di luar Thailand, termasuk dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina dalam waktu dekat. 

DANA ikut dipercaya oleh BI sebagai satu-satunya penyedia jasa pembayaran nonbank pertama yang turut serta pada peluncuran implementasi pembayaran kode QR lintas negara. Yakni untuk menerapkan pembayaran lintas negara baik sebagai issuer maupun acquirer

Oleh karenanya, pengguna aplikasi DANA yang melakukan perjalanan ke Thailand, saat ini sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand. Seperti merchant Bangkok Bank, dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui aplikasi DANA. 

Baca juga: Transaksi Antar Negara ASEAN Bisa Pakai Rupiah, Tinggal Scan QR Code

Begitu pula turis Thailand yang datang ke Indonesia dan berbelanja di merchant QRIS DANA, tentu dapat melakukan pembayaran dengan mudah di merchant melalui aplikasi pembayaran Thailand miliknya. 

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan, implementasi ini selaras dengan visi DANA yang terus berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sebagaimana prioritas strategis Pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 BI. 

“Kami siap menghadirkan pengalaman bertransaksi digital lintas negara yang prima untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna,” kata Vince, pekan lalu.

Dlam mendukung akselerasi adopsi QRIS misalnya, DANA turut memudahkan proses onboarding mandiri mitra di berbagai skala, melalui kemudahan integrasi DANA miliki. 

DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 23,5 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional. Termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER