Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Parkee Berinvestasi di Alfabeta, Kembangkan Sistem Parkir Berbasis Artificial Intelligence 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Centrepark Citra Corpora melalui anak perusahaannya, Parkee, berinvestasi ke perusahaan lokal pengembang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), Alfabeta.

Direktur Utama Centrepark Citra Corpora, Charles Richard Oentomo dan Chief Executive Officer (CEO) Alfabeta, Taufiq Wibowo sepakat membawa inovasi terbaru dalam sistem perparkiran di Indonesia.

“Kami ingin ciptakan one stop solution untuk klien kami, seperti mall, airport, seaport, jadi mencakup berbagai identifikasi data, baik kendaraan maupun penggunanya. Teknologi ini akan terus berkembang,” kata Charles, Jumat (2/9).

Taufiq melihat kebutuhan teknologi cukup besar di industri yang sama dengan Parkee. Ditambah perusahaan itu juga punya banyak teknologi, seperti Automatic Number Plate Recognition (ANPR), lalu Vehicle Detection, Counting, & Tracking sampai Object Detection, Counting, & Tracking.

“Dengan investasi ini, kami berharap Parkee dan Alfabeta bisa growth lagi. Tidak hanya menjawab kebutuhan di tingkat lokal, bahkan dunia,” kata Taufiq.

ANPR adalah teknologi yang mendeteksi plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dan mendaftarkan hasilnya secara otomatis ke dalam database pengguna. Sementara Vehicle Detection, Counting, & Tracking ialah teknologi yang mendeteksi jenis kendaraan yang lewat, menghitung jumlahnya, dan melacak jalur yang dilewati.

Baca juga: Sistem Parkir Teknologi Modern Hadir di Grand Indonesia

Sedangkan Object Detection, Counting, & Tracking mendeteksi keberadaan & pergerakan, serta menghitung jumlah objek yang berada di dalam jangkauan kamera.

Teknologi ini bukan hanya memberi manfaat bagi pengelola gedung, melainkan juga bagi pengguna parkir, yakni keamanan yang optimal. Setiap kendaraan yang masuk akan terdeteksi mulai dari plat nomor, jenis, logo bahkan hingga warna kendaraannya. Sehingga, jika ada upaya merubah nomor plat di area parkir, maka bisa langsung terdeteksi.

“Ketika data diverifikasi dan hasilnya sama, maka sistem itu akan otomatis mempersilakan kendaraan keluar. Jika tidak bisa, maka sistem akan memberi warning alarm dan akan memberitahu security tempat. Jadi pengguna dipastikan bakal merasa aman,” kata Charles.

Keunggulan lain, pengguna tidak perlu repot menyiapkan uang cash untuk pembayaran. Setiap transaksi langsung akan terhubung melalui aplikasi di smartphone pengguna, pembayaran pun bisa dilakukan melalui QRIS maupun e-wallet demi kepraktisan.

Pengembangan teknologi ini 100% menggunakan produk lokal. Para engineer dan teknisi yang mengerjakan berasal dari dalam negeri. Apalagi, kedua perusahaan ini mengembangkan projek ini secara keseluruhan di dalam negeri. Yang membanggakan, hasilnya bisa juga untuk kebutuhan ekspor.

Centrepark belum lama ini mendapat pengelolaan area parkir Grand Indonesia. Yakni menampung lebih dari 10.000 unit lot parkir kendaraan dengan lebih dari 70 unit akses keluar masuk parkir.

Sementara Alfabeta merupakan partner resmi Intel® Market Ready Solution (Intel® IoT MRS) di Indonesia. Portofolionya mencakup banyak perusahaan besar, mulai dari Unilever, Korlantas Polri, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sejumlah perusahaan dari industri pertambangan dan masih banyak lagi yang lain. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER