Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Unit Bisnis WIR Group Fasilitasi Toko Virtual Alfamart, Alfamind

BACA JUGA




FinTechnesia.com | WIR Group perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan artificial intelligence (AI), melalui unit bisnisnya Mindstores menyediakan platform toko virtual. Langkah ini guna memungkinkan masyarakat umum menjadi mitra menjalankan toko ritel dan menjual berbagai produk yang tersedia secara digital.

Platform toko virtual ini menjadi solusi bisnis yang efektif bagi masyarakat yang ingin memiliki usaha sendiri dan mencari penghasilan tambahan di tengah krisis.

Salah satu bukti kesuksesan Mindstores adalah hasil kolaborasinya dengan Alfamart, yakni Alfamind. Ini adalah jaringan toko virtual pertama yang memanfaatkan teknologi AR dan VR dengan model bisnis B2B2C.

Alfamind memberikan peluang bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki toko sendiri dengan modal yang minim yang bisa berjualan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus repot operasional.

Mindstores berperan sebagai developer yang membuat sistem toko virtual Alfamind secara keseluruhan. Sementara itu, proses perekrutan store owner (sebutan untuk pemilik toko Alfamind), kurasi produk, proses registrasi dan approval serta marketing activity (training, pembinaan, promo, roadshow) dilakukan sepenuhnya oleh pihak Alfamind. 

Baca juga: Gandeng WIR Group, Alfamart Terjun ke Bisnis Metaverse

“Dengan dukungan teknologi VR WIR Group, pengguna akan mendapatkan pengalaman berjualan dan berbelanja yang imersif dan inovatif,” ujar Adian Adhitama Bachtiar, CEO Mindstores, Rabu (7/9).

Saat ini Alfamind telah berhasil menarik sekitar 100.000 pemilik toko virtual yang mengeluarkan hampir 25.000 produk baru dan 7.000 transaksi per bulan di lebih dari 400 kota di seluruh Indonesia.

Sementara Chief Sales & Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus mengutip data perkembangan pasar e-commerce di Indonesia yang menunjukkan pertumbuhan selama 2022 dengan lebih dari US$ 20 miliar pendapatan ritel baru, yang digerakkan oleh 26 juta unit usaha. Sebagian besar berada di sektor UMKM.

Serta peningkatan nilai transaksi e-commerce sebesar 23% menjadi Rp108,54 triliun dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Mindstores telah bermitra dengan sejumlah brand seperti Mili, Toko Awadah, dan MEDIV yang merupakan hasil kolaborasi dengan Kimia Farma. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER