Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pentingnya Cloud Computing dalam Ekosistem Digital Insurtech Qoala

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Investasi teknologi demi pengembangan layanan yang terbaik tentu menjadi prioritas bagi  Qoala. Cloud computing adalah salah satu bentuk realisasi dari penggunaan teknologi insurtech tersebut.

Martin Hong, selaku Chief Technology Officer (CTO) Qoala lantas memaparkan program Indra. Ini salah satu program Orbit Future Academy yang membahas soal perkembangan dan masa depan cloud computing dengan para pakar terkemuka.

Program membahas lebih dalam terkait penggunaan cloud computing dalam dunia insurtech, khususnya bagi Qoala. Melalui sharing ini, Martin berharap, anak muda Indonesia semakin terinspirasi belajar memahami cloud computing untuk pengembangan bisnis dan industri di Indonesia.

Banyak manfaat serta efisiensi yang perusahaan berbasis teknologi dapatkan dengan penggunaan cloud computing. Mulai rendah biaya, skalabilitas, keamanan backup data yang otomatis hingga keamanan.

Contohnya, apabila menggunakan model computing yang tradisional, kita perlu memekerjakan para pakar untuk membentuk lapisan keamananya dari awal.

“Namun dengan cloud computing, semua tools yang kompatibel dengan lapisan keamanan standar industri, seperti firewall, Anti DDOS sudah ada dan tersedia. Dari segi biaya, kemudahan dan terutama keamanan pun menjadi sangat terbantu” ujar Martin Hong, Rabu (7/9).

Perusahaan asuransi dapat memperoleh banyak manfaat melalui layanan teknologi berbasis cloud computing. Keuntungan paling umum dari layanan cloud computing adalah antara lain biaya modal  yang rendah, deployment yang lebih cepat, serta biaya operasional sistem teknologi informasi (TI) yang bisa dibuat lebih efisien jika dibandingkan dengan ketika kita membangun infrastruktur hardware TI sendiri.

Sejak awal berdiri, Qoala sudah menggunakan teknologi cloud computing untuk mengembangkan struktur layanan micro. Lewat penerapan cloud computing, Qoala memiliki sistem teknologi yang lebih maju lewat penggunaan AI dan Machine Learning serta Big Data.

Platform Qoala memungkinkan dengan cepat melakukan validasi kelengkapan data sebelum diteruskan ke pihak  partner asuransi. Ini secara signifikan mengurangi bounce-back dari asuransi akibat data yang kurang dan tidak akurat.

Selain itu, Qoala OCR (optical character recognition) membantu mengekstrak data dari dokumen yang diunggah seperti KTP, SIM. Ini sangat meningkatkan efisiensi kami dalam mengekstrak data yang diperlukan untuk polis.

“Akhirnya dengan menggunakan e-polis, kita dapat mengirim ke pelanggan lebih cepat dibandingkan dengan hardcopy baik itu melalui email atau whatsapp dan saluran lainnya” tambah Martin.

Penerapan AI and Machine Learning dan Big Data dari cloud computing ini telah membantu Qoala mempercepat proses orientasi pelanggan dan mitra/partner dengan menerapkan solusi OCR untuk mengotomatiskan pemeriksaan identitas sebelum melanjutkan ke proses pendaftaran berikutnya.

Hal ini juga membantu dalam penilaian objek yang akan diasuransikan misalnya kondisi layar smartphone atau kondisi kendaraan yang akan diasuransikan. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER