Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tokopedia Ungkap Lima Tips Bagi Waktu Antara Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tokopedia menjadi rumah bagi sekitar 12 juta penjual. Hampir 100% adalah UMKM lokal dari berbagai latar belakang. Termasuk para pegiat usaha yang sekaligus menjalankan pekerjaan tetap.

Tokopedia melalui Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya membagikan lima tips agar UMKM bisa membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan secara efektif.

1. Alokasi Waktu dengan Tepat – Membagi waktu antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan akan membantu menghindari pengorbanan waktu antara satu kegiatan dengan yang lainnya.

Ekhel mengatakan, di pagi hari bisan okus pada pekerjaan tetap. “Saat istirahat siang, bisa menikmati makan siang sambil bertemu dengan vendor usaha sampingan atau membalas chat calon pembeli,” kata Ekhel, Selasa (13/9).

2. Aktifkan Fitur Smart Reply. Fitur ini dapat memudahkan penjual dalam membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis. Penjual bisa menggunakan Smart Reply untuk tiga fungsi yang berbeda, yaitu menjawab pertanyaan tentang stok produk, pengiriman dan spesifikasi produk.

“Fitur Smart Reply ini akan membantu penjual tetap responsif dengan calon pembeli walau sedang sibuk dengan kegiatan lain,” ujar Ekhel.

3. Manfaatkan Fitur Iklan Agar Promosi terus Berjalan. Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan mengatur anggaran harian, penjual secara lebih praktis dapat menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

4. Jangan Ragu Meminta Bantuan. Memegang dua tanggung jawab bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari rekan terdekat untuk memudahkan pekerjaan. 

Banyak UMKM lokal yang berhasil mempertahankan kelangsungan bisnisnya dengan mengedepankan kolaborasi bersama rekan atau keluarga,

5. Sediakan Waktu untuk Istirahat dan Cari Inspirasi. Selain bersemangat dalam mendorong produktivitas, hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk beristirahat agar tidak cepat burn out atau kelelahan.

Agar tetap memiliki waktu istirahat yang teratur, para penjual juga dapat memanfaatkan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko.

“Di tengah waktu kosong tersebut, jangan lupa untuk mencari inspirasi dan wawasan dari UMKM lainnya dari komunitas Keluarga Tokopedia dan halaman Pusat Edukasi Seller,” ungkap Ekhel. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER