Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

BNI Mendukung Penguatan UMKM Naik Kelas

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI menyediakan solusi perbankan dan pendampingan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

BNI berharap segmen tulang punggung ekonomi nasional ini naik kelas. Serta memiliki kemampuan untuk menjadi pelaku usaha yang berkapasitas global.

Pemerintah mendorong kemudahan pendaftaran izin berusaha melalui Online Single Submission (OSS). Maka, BNI bersinergi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengadakan sosialisasi dan bimbingan melalui webinar dalam upaya mempercepat pendaftaran izin berusaha.

Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Kementerian Investasi, Achmad Idrus menjelaskan, institusi perbankan adalah variabel penting atau salah satu stakeholder dalam pertumbuhan ekonomi nasional. 

Idrus menyampaikan, sebanyak 98% NIB yang terbit lewat OSS diperoleh kelompok usaha kecil menengah. Hal ini mematahkan anggapan pengurusan izin usaha adalah sebuah hal yang rumit dan memakan waktu.

Baca juga: Bank BNI Mendukung Diaspora Berkembang, dengan Jaringan Internasional

“Tentunya kerja sama ini akan semakin membantu pelaku UMKM. Selama ini, proses mendapatkan legalitas itu memang rumit sehingga banyak yang pada ujungnya tidak memiliki registrasi untuk menjadi usaha yang formal,” ujarnya, pekan lalu.

Direktur Institutional Banking BNI, Sis Apik Wijayanto menjelaskan, NIB adalah persyaratan awal bagi pelaku usaha untuk mendapatkan surat-surat penting lain. Seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP), tanda Angka Pengenal Impor (API), dan akses kepabeanan bagi pelaku usaha akan melakukan kegiatan ekspor/impor.

“Dengan lebih banyak pelaku UMKM yang ber-NIB, kami berharap usaha mikro dapat lebih cepat naik kelas karena legalitas itu kini menjadi dasar untuk pengajuan kredit usaha ke perbankan,” imbuhnya.

Sis Apik melanjutkan NIB juga menjadi basis bagi pelaku UMKM untuk bergabung ke dalam ekosistem BUMN ataupun perusahaan swasta yang lebih besar. Kemudian, pelaku usaha mikro juga bisa terintegrasi dengan program-program pemberdayaan hingga program kredit usaha rakyat (KUR). (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER