Senin, 18 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kebutuhan Kecerdasan Buatan Melanda Berbagai Sektor

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Giatnya Indonesia dalam gerakan transformasi digital berdampak besar bagi pertumbuhan digitalisasi ekonomi di lintas industri. Berbagai sektor mulai mengintegrasikan jasa atau produk yang ditawarkan ke dalam format digital atau elektronik.

Hal ini terlihat dari meningkatnya penggunaan e-commerce dan teknologi e-healthcare yang muncul dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Transaksi digital yang terus meningkat di berbagai lapisan masyarakat menuntut penyedia jasa dan produk untuk terus berinovasi menyediakan teknologi yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Kata.ai perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi chatbot melihat geliat nyata dari digitalisasi industri ini pada beragam bisnis. Tidak hanya terbatas pada perusahaan besar yang identik dengan pelanggan yang banyak, industri UMKM pun kini mulai menggaet bantuan kecerdasan buatan untuk memenuhi kebutuhan pasar serta meningkatkan kualitas pemberian jasa. Khususnya dalam berinteraksi dengan pelanggan khususnya lewat kanal digital seperti media sosial dan platform e-commerce.

Kecerdasan artifisial berbentuk chatbot merupakan pilihan andalan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah kemampuan efisiensi biaya yang dinilai banyak pelaku usaha memberikan dampak langsung terhadap operasional bisnis.

Chatbot dapat memberikan kualitas interaksi natural bak manusia dengan harga yang tergolong murah. Manpower dalam perusahaan dapat dikerahkan untuk hal yang lebih strategis maupun penanganan masalah dengan konsumen yang melibatkan lebih banyak sisi emosional sehingga hal ini akan memudahkan bisnis dapat diimplementasikan secara lebih efektif.

CEO & Co-Founder Kata.ai, Irzan Raditya melihat, kini saatnya bisnis menentukan momentum mereka untuk dapat pulih dari pandemi dengan menempatkan teknologi sebagai key factor suatu bisnis untuk dapat maju beberapa langkah diantara kompetitornya.

“Dari data klien-klien kami di awal semester dua ini terlihat adanya peningkatan jumlah percakapan yang berhasil menyentuh angka 1.6 miliar di berbagai lintas industri.Ini merupakan sinyal positif terhadap investasi chatbot yang semakin memberikan dampak positif terhadap pelaku bisnis,” kata Irzan, pekan lalu.

Kata.ai sendiri mencatatkan pertumbuhan bisnis positif lewat produk chatbot Kata Platform serta teknologi integrasi chatbot dengan platform seperti WhatsApp, Telegram dan Instagram. Di awal semester dua ini Kata.ai mampu meraih pertumbuhan bisnis sebesar 2x lipat secara year on year pada periode awal semester dua.

Dari 26 industri strategis yang ada di Indonesia, kini 20 industri sudah aktif menggunakan chatbot di untuk solusi customer service serta kebutuhan meningkatkan layanan purna jual berbasis percakapan.

Berdasarkan pertumbuhan pengguna aktif chatbot erdapat peningkatan pengguna aktif yang mencapai jumlah sebesar 54% di semester pertama tahun ini. Secara statistik berdasarkan riset internal Kata.ai, 71% saat ini fokus besar pengguna chatbot adalah untuk kebutuhan customer service.

Namun melihat perkembangan digitalisasi yang semakin masif mulai terlihat trend solusi kecerdasan artifisial lainnya yang mampu membantu otomasi bisnis menjadi lebih cepat dan efisien.

Kata.ai sendiri saat ini sedang mempersiapkan teknologi kecerdasan artifisial untuk mempercepat proses rekrutmen perusahaan lewat otomasi channel. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER