Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata dan Huawei Terapkan Teknologi Terbaru untuk Perbesar Kapasitas Jaringan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Melonjaknya trafik data di jaringan XL Axiata harus diimbangi dengan kapasitas jaringan memadai. Kapasitas ini untuk mempertahankan standar layanan yang tinggi dan pengalaman yang mulus bagi pengguna. 

Dalam rangka memperbesar kapasitas jaringan tersebut, XL Axiata berkolaborasi dengan Huawei mengimplementasikan teknologi terbaru “FDD Smart 8T8R”. Hasil serangkaian uji coba menunjukkan peningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan hingga 2,9 kali. Penerapan teknologi ini sekaligus mengimplementasikan green information and communication technology (ICT).

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, bersama Huawei pihaknya mengeksplorasi dan menerapkan lebih banyak terobosan teknologi untuk membangun jaringan berkualitas tinggi.

“Teknologi FDD Smart 8T8R ini, selain dapat meningkatkan efisiensi spektrum untuk mencapai peningkatan throughput pengguna hingga sebesar 2 kali terhadap teknologi 4T4R, juga bisa membantu mengurangi konsumsi daya hingga 26% serta memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan, sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan,” terang Gede, Rabu (28/9).

Weiwei, XL Account Director of Huawei Indonesia mengatakan, Huawei berkomitmen untuk dapat mendukung membangun jaringan canggih yang memenuhi persyaratan untuk pengembangan di masa depan.

“Kami akan terus memberikan solusi inovatif untuk mendukung XL Axiata bertransformasi menjadi operator konvergensi termasuk mendukung pembangunan broadband nasional di Indonesia,” jelas Weiwei.

Baca juga: XL Axiata dan Huawei Berkolaborasi Cari Terobosan Transformasi Talenta Digital

Saat ini, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan FDD Smart 8T8R di lebih dari 700 BTS 4G di berbagai wilayah di Indonesia. Penerapan teknologi ini\berfokus pada area dengan trafik penggunaan layanan data dan internet yang tinggi, seperti di lingkungan padat penduduk, perkantoran, tempat wisata, hingga pusat perbelanjaan.

Hingga akhir semester 1 2022, trafik data XL Axiata meningkat sebesar 30% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan trafik ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pasca pandemi Covid-19, termasuk diijinkannya masyarakat melakukan perjalanan.

Sebagian jaringan telah menembus dan melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang terpencil dan berada di perbatasan negara. Total sebanyak lebih dari 144.000 BTS, di antaranya lebih dari 88 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 130 ribu kilometer, menopang kekuatan jaringan XL Axiata.

Ini untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan penetrasi 4G sekitar 90,9%. (ari)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER