Kamis, 8 Desember 2022

OJK Terima Lebih dari 10.000 Pengaduan Masyarakat, Terbanyak dari Sektor Ini

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di daerah, OJK terus mengoptimalkan peran 449 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Program tersebut antara lain program kredit/pembiayaan melawan rentenir atau K/PMR, Kredit Pembiayaan Sektor Prioritas (K/PSP) eranian, program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR), Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SIMUDA), dan program business matching lainnya.

Upaya perluasan akses keuangan tersebut dibarengi program edukasi keuangan secara masif. Baik secara online maupun tatap muka.

Sementara itu, sampai dengan 23 September 2022, OJK telah menerima 226.267 layanan melalui berbagai kanal, termasuk 10.109 pengaduan. Dari pengaduan tersebut, sebanyak 50% merupakan pengaduan sektor Industri Keuangan Non bank (IKNB). Lalu 49,5% merupakan pengaduan sektor perbankan, dan sisanya merupakan layanan sektor pasar modal. 

Jenis pengaduan yang paling banyak adalah restrukturisasi kredit/pembiayaan, perilaku petugas penagihan dan layanan informasi keuangan. “OJK telah menindaklanjuti pengaduan tersebut dengan secara berkala memanggil Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) terkait untuk memperoleh klarifikasi dan penyelesaian. Tercatat 86,6% dari pengaduan tersebut telah terselesaikan,” terang Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi. (iwa)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER