Senin, 5 Desember 2022

Peran Teknologi Dalam Menjaga Kesehatan Mental, Simak Berbagak Tips dari Kaspersky

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Tanggal 10 Oktober lalu adalah Hari Kesehatan Mental Sedunia. Dan saat yang tepat untuk mengingat hubungan yang kuat antara kesehatan mental dan media sosial.

Selain membawa banyak manfaat bagi orang-orang secara global, media sosial memiliki sisi negatif dari menimbulkan kecemasan, ketakutan akan kehilangan, cyberbullying atau stres, hingga komplikasi lainnya.

Dalam rilis ke FinTechnesia, Rabu (12/10), pakar Kaspersky membagikan kiat mereka tentang bagaimana teknologi dapat membantu pengguna mengurangi stres online serta melindungi diri mereka sendiri.

1. Batasi berbagi berlebihan

Di era baru media sosial, opsi teraman adalah memperhatikan apa yang Anda bagikan secara online. Berbagi secara berlebihan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap kritik dari orang lain, yang dapat memperburuk kecemasan.

Alasan lainnya adalah untuk melindungi data pribadi dari orang asing. Misalnya, pengguna dapat secara tidak sengaja meninggalkan detail tiket penerbangan atau data lain seperti alamat pribadi di foto liburan yang bagus.

2. Pelajari cara menghadapi komentar ekstrem

Hampir tak terhindarkan Anda akan menghadapi pengganggu atau pembenci jika Anda memposting banyak konten online. Situasinya bisa menjadi sangat sulit jika kalangan anak-anak yang harus menghadapinya.

Wawasan ahli mendesak orang untuk tidak menanggapi komentar buruk atau menyakitkan ke dalam hati, menjadi kesal, atau yang bahkan hingga menyerah pada impian mereka.

Penting untuk diketahui bahwa troll atau agresor mencari reaksi karena tujuan utama mereka adalah untuk menyakiti atau memprovokasi emosi. Semakin banyak perhatian yang diterima agresor, semakin mereka akan terus menulis postingan negatif.

Untuk menghadapi pengganggu tanpa membahayakan kesehatan mental Anda sendiri, adalah praktik yang baik untuk mengajari anak-anak cara menangani komentar negatif – misalnya, mengabaikan postingan troll, menghapus komentar negatif, atau melaporkan penghinaan. Mungkin juga ide yang baik untuk menonaktifkan komentar.

Bantuan tambahan bisa berupa istirahat sejenak dan detoks digital untuk menjauhkan diri dari jejaring sosial, sehingga Anda dapat bersantai dan fokus pada diri sendiri. Kaspersky telah meluncurkan ruang CyberSpa digital, untuk membantu orang mengalihkan perhatian dari kekhawatiran dan mengambil napas yang menenangkan saat Anda perlu memfokuskan diri kembali.

3. Jadikan akun sosial pribadi (private)

Untuk mengurangi risiko bertemu pembenci atau berbagi informasi sensitif, pertahanan yang baik adalah dengan meningkatkan tingkat privasi akun.

Berbagai jejaring sosial memiliki pengaturan privasi yang berbeda

Facebook

  • Facebook memiliki Pusat Bantuan khusus, yang akan membantu menyesuaikan pengaturan privasi untuk akun
  • Facebook menawarkan pilihan alat untuk melawan cyberbullying. Misalnya, perusahaan telah mengembangkan Pusat Anti-Bullying terpisah untuk Remaja.
  • Pengguna juga dapat melacak siapa yang menandai mereka di konten mereka. Ini dapat dilakukan di pengaturan Chronicle & Tag.
  • Pilihan yang bagus adalah memeriksa konten yang sudah diterbitkan dengan tag pengguna, dan, jika perlu, Anda dapat menghapus diri sendiri dari konten yang tidak ingin dikaitkan dengan, menggunakan “Log Aktivitas”.

Instagram

  • Pengguna dapat menggunakan alat pembatasan untuk melindungi akun mereka tanpa memberi tahu pengunjung yang tidak diinginkan
  • Perubahan pengaturan privasi memungkinkan Anda memilih siapa yang dapat menonton dan mengomentari konten pengguna.
  • Anda dapat memoderasi komentar di bawah posting Anda.
  • Instagram melacak konten yang diposting oleh pengguna. Jika platform melihat kemungkinan pelanggaran, itu akan memberi tahu pengguna bahwa mereka akan mempublikasikan informasi yang melintasi batas.

Twitter

  • Twitter memiliki Online Bullying help center sendiri untuk bantuan dan saran.
  • Perluasan filter notifikasi, memungkinkan pengguna untuk memfilter akun tempat mereka menerima notifikasi. Misalnya, mereka mungkin tidak menerima pemberitahuan dari pengguna tanpa gambar profil.
  • Salah satu langkah efektif juga adalah opsi untuk memblokir pengguna. Ini mencegah akun yang diblokir untuk memposting, melihat tweet Anda, dan membaca feed Anda.
  • Pusat Bantuan Twitter Khusus akan memberi pengguna semua alat yang diperlukan untuk melindungi data pribadi dan tweet.

Tik tok

  • TikTok telah menghasilkan panduan yang membantu mengidentifikasi perilaku bullying dan mengambil tindakan terhadapnya.
  • Mengonfigurasi pengaturan privasi video pada akun pribadi, memungkinkan pengguna memilih siapa yang dapat melihat setiap video dan membatasi unggahan video pribadi.
  • Filter komentar yang tidak diinginkan memungkinkan untuk membuat daftar kata kunci yang tidak diinginkan yang akan diblokir dalam komentar di video atau selama siaran langsung untuk melindungi pengguna dari intimidasi.
  • Filter pengguna memungkinkan Anda memilih siapa yang dapat menambahkan Duet ke video pengguna.
  • Pengaturan keluarga membuat pengguna tetap aman dan mendukung mereka dalam upaya kreatif mereka tanpa melanggar batasan pribadi. (iwa)
- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER