Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Reksadana Filantropi BNP Paribas Asset Management dan Citi Indonesia Kumpulkan Dana Sosial Rp 1,9 Miliar

BACA JUGA




FinTechnesia.com | BNP Paribas Asset Management dan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) terus memperkuat investasi berdampak (impact investing).

Keduanya menyebarluaskan bentuk nyata bagaimana produk investasi dapat memberikan manfaat dan dampak sosial kepada masyarakat dan lingkungan secara jangka panjang. Selain tetap mengupayakan potensi hasil investasi finansial.

Reksadana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi merupakan salah satu reksa dana yang menerapkan konsep investasi berdampak. Sebagian total dana kelolaannya dialokasikan untuk tujuan Fflantropi.

Reksadana ini secara eksklusif tersedia di seluruh jaringan consumer banking Citi Indonesia. Dan sejak diluncurkan di tahun 2018, jumlah investor BNP Paribas IDX30 Filantropi telah menunjukkan kenaikan hingga 50%.

Di tahun ini, BNP Paribas IDX30 Filantropi telah berhasil mengumpulkan dana sosial senilai Rp 1,9 miliar. Nilai ini meningkat 35% dibandingkan tahun 2021.

Melonjak hampir tiga kali lipat dari tahun 2020 (sebesar Rp 750 Juta). Hal ini menunjukkan minat dan kepercayaan investor terhadap produk investasi berdampak yang juga semakin meningkat.

“Ke depan, perusahaan terus berupaya untuk berinovasi guna melengkapi solusi investasi yang berdampak di masa depan. Harapannya, bersama dengan mitra bisnis PT BNP Paribas AM, kami dapat menyebarluaskan konsep impact investing, sehingga dapat turut berkontribusi terhadap pembangunan secara berkelanjutan dan inklusif.” Ujar Presiden Direktur PT BNP Paribas AM, Priyo Santoso, Rabu (12/10).

Batara Sianturi, Chief Executive Officer Citi Indonesia mengatakan inisiatif bersama PT BNP Paribas AM mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi tingkat penggangguran di kalangan pemuda.

Kaum pemuda di Indonesia berjumlah hampir seperempat dari total penduduk Indonesia. Namun 27% di antaranya belum terserap pasar kerja formal, terutama di kelompok menengah ke bawah.

“Perwujudan impact investing melalui produk Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi ini kami harapkan mampu mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia dan pertumbuhan ekonomi inklusif di seluruh wilayah,” kata Batara.

Dana sosial dari BNP Paribas IDX30 Filantropi akan didistribusikan kepada lima organisasi nonprofit yang terpilih di tahun ini untuk mendanai program pengembangan kompetensi daerah.

Seluruh rangkaian program pengembangan kompetensi dijalankan di 8 wilayah di Indonesia. Meliputi Papua, Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sumba Barat Daya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan Banten. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER